Dinkes Aceh Utara Imbau Pemeriksaan Ibu Hamil Secara Rutin

ACEH UTARA - Dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan bayi di tengah masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara menggencarkan kampanye untuk mendorong pemeriksaan ibu hamil secara rutin. Langkah ini diambil dengan kesadaran bahwa pemeriksaan berkala selama kehamilan bukan hanya rutinitas medis semata, melainkan investasi kesehatan yang akan memberikan dampak jangka panjang bagi generasi masa depan.

Pemeriksaan ibu hamil secara rutin menjadi fokus utama Dinkes Aceh Utara sebagai langkah preventif dalam mengurangi angka komplikasi kehamilan dan meningkatkan kesehatan bayi yang lahir. 

Amir Syarifuddin, SKM, MM, Kepala Dinkes Aceh Utara menyatakan bahwa tujuan kampanye ini adalah memberikan akses mudah dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengikuti pemeriksaan rutin selama kehamilan.

"Dinkes tidak hanya menekankan pada aspek kesehatan fisik ibu hamil, tetapi juga pada pendekatan holistik yang mencakup kesejahteraan mental. Kampanye ini mencakup penyuluhan mengenai pola makan sehat, gaya hidup seimbang, serta dukungan psikologis yang dapat membantu ibu menghadapi perubahan emosional selama masa kehamilan," ujarnya, Kamis (7/3/2024). 

Melalui program ini, Dinkes Aceh Utara berusaha merangkul peran aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Dengan menyediakan informasi yang mudah dipahami dan aksesibilitas pemeriksaan yang lebih baik, diharapkan lebih banyak ibu hamil yang merasa didukung dan memahami pentingnya perawatan prenatal.

Selain itu, Dinkes Aceh Utara juga mengintensifkan kerja sama dengan puskesmas dan fasilitas kesehatan setempat untuk memastikan bahwa layanan pemeriksaan ibu hamil dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Ini termasuk penyediaan fasilitas pemeriksaan yang memadai dan pelatihan tenaga medis dalam memberikan perawatan yang optimal.

Dalam sebuah pertemuan dengan media, amir Syarifuddin menekankan bahwa upaya ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau petugas kesehatan, tetapi juga menjadi kewajiban bersama masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan ibu dan bayi.

Dinkes Aceh Utara berharap kampanye ini akan memicu perubahan perilaku positif di masyarakat, menggeser paradigma bahwa pemeriksaan ibu hamil hanya diperlukan jika terdapat masalah kesehatan. Pemeriksaan ibu hamil secara rutin bukan hanya mengenai mengatasi risiko, tetapi juga memberikan peluang bagi kelahiran generasi yang lebih sehat dan tangguh. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru