Usai Pengajian Rutin, Jamaah Masjid Agung Sultan Jeumpa Berkunjung ke Dayah Kanzul Karami Alqassimiyyah

BIREUEN- Puluhan Jama'ah pengajian Shubuh Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen, setelah melakukan pengajian rutin setiap hari Minggu (30/07), Berkunjung ke Balai pengajian Dayah Kanzul Karami Alqassimiyyah di Gampong Blang Reuling kecamatan Kota Juang.

Pengajian yang biasa tiap selesai shalat shubuh di Mesjid Agung para jama'ah mesjid tersebut kompak dengan puluhan jamaah lainnya dari Kerukunan mesjid Al-amin, Mesjid Al-Assy Meunasah Kota dan Meunasah Kulah Batee untuk berkunjung sambil membawa makanan untuk sarapan pagi di Dayah tersebut.
Panitia rombongan tgk M.Nazir Muhammad atau sering di sapa  tgk adek dari kerukunan mesjid Agung beliau merasa bahagia ke ikut sertaan kelompok kerukunan mesjid lain untuk bersilaturahmi ke Dayah yang di rencanakan akan diresmikan pada akhir Agustus 2023 atau Saffar 1445 H ini.

Dayah baru itu sendiri yang terletak 2,5 km dari kota Bireuen atau arah Tenggara Kantor Bupati, Dayah yang sekarang sedang membangun dan baru ada bangunan yang masih belum siap baik Mushalla dengan lantai masih tanah dan belum ada Dinding juga untuk Balai pengajian kondisi sama sedang kan untuk kamar santri baru ada tiga dengan kondisi bangunannya sudah lumayan lengkap dilihat dari luar lain toilet belum ada pintu dan kulah untuk widhuk juga belum bisa di isi air karena kondisi belum siap pakai.
Posisi tanah Dayah yang berbukit dengan luas tanah 2,5 hectar sudah di pembukaan lahan dan merapikan oleh alat berat(Land Clearing) itu, dayah yang di pimpin oleh almukarram Tgk Muhammad Kasra selaku imum rawatib mesjid Agung sekarang.

Kepada media ini Tgk Muhammad Kesra mengatakan" Dayah ini awalnya kita gerakan pembangunannya pada Februari 2023 dan tanah ini ada wakaf dari warga dan juga kita lakukan pembebasan hingga bangunan baru ini dikerjakan sudah kita habiskan lebih kurang 500 juta"kata beliau.

Dilanjutkan oleh pimpinan Dayah nanti akan menampung anak yatim dan keluarga fakir miskin, untuk operasional  santri yang kurang mampu akan dibantu biaya operasionalnya.
Disambung oleh ketua rombongan tgk M.Nazir Muhammad nanti ketika peusijuk (tepung tawar)pembukaan dayah InsyaAllah oleh Almukarram yang Mulia Abu Hasballah Ketapang Nisam Aceh Utara. Tgk Adek Menambahkan 'jika ada yang mau berinfaq atau sedekah dayah ini masih membangun pihak panitia masih sangat berharap baik dari donatur pribadi hamba Allah atau perusahan untuk dapat berinfaq donasinya,."tutup tgk Adek.(Fadel)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru