MAA Isi Materi Kearifan Lokal di SD Negeri 24 Banda Aceh

Wakil Ketua MAA Kota Banda Aceh, Mulyadi Thaib, saat mengisi materi tentang kearifan lokal di SD Negeri 24 Banda Aceh, Selasa (15/11/2022)
 
Banda Aceh - Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh diminta menjadi pemateri pada Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila dengan tema 'Kearifan Lokal' di SD Negeri 24 Kota Banda Aceh, Selasa (15/11/2022).

Yang menjadi pemateri tersebut yaitu Ketua Majelis Adat Aceh Kota Banda Aceh Tgk. H. Zainun Muhammad yang diwakili oleh Wakil Ketua MAA Kota Banda Aceh Mulyadi Thaib.

Mulyadi mengapresiasi Sekolah Dasar Negeri 24 Kota Banda Aceh tersebut karena sudah menyelenggarakan kegiatan yang dapat melestarikan sejarah Aceh.

Mulyadi menuturkan, pada kegiatan tersebut pihaknya menceritakan tentang sejarah Gunongan dan Masjid Raya Baiturrahman kepada siswa dan siswi di sekolah tersebut.

"Kita menceritakan tentang sejarah Gunongan ini sebagai hadiah Sultan Iskandar muda kepada Putroe Phang, sehingga mereka tau akan sejarah tersebut," kata Mulyadi.

Mulyadi menambahkan, dirinya juga menceritakan sejarah Masjid Raya Baiturrahman yang didirikan oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah dan salah satu objek sejarah wisata islami yang dikunjungi oleh wisatawan di Kota Banda Aceh.

Dia berharap agar siswa dan siswi tersebut dapat menjaga dan melestarikan situs sejarah tersebut. 

Untuk diketahui, Gunongan merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam. Situs yang berada di Taman Putroe Phang ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya, Putroe Phang, yang berasal dari Kerajaan Pahang. Nama asli taman ini adalah Taman Ghairah sebagaimana disebutkan di dalam kitab Bustanus Salatin.

Sedangkan Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah Masjid yang terletak di pusat Kota Banda Aceh, yang menjadi simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru