Joel Pase Menggemakan Kembali Literasi Sastra di Panggung Bireuen Meusyeuhu Piasan Indatu

BIREUEN-Malam Penutupan Acara  Bireuen Meusyeuhu Piasan Indatu yang digelar pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa, dihibur oleh Penyanyi Aceh yang Lagi viral, Zul Afrizal alias Joel Pase,


Ribuan warga Antusias memadati Lapangan Pulo Kiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Untuk menikmati Piasan Indatu. Selasa 22 November 2022 malam.


Begitu tingginya antusiasme penonton jelas terlihat selepas Ba'da Isya ribuan warga mulai berdatangan untuk menonton Piasan indatu, panitia Pegeleran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa terut menghadirkan Penyanyi Aceh ternama, yaitu Joel Pase guna untuk menghentak Panggung pageleran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa pada malam puncak.
Adapun kegiatan" Bireuen Meusyeuhu, Piasan Indatu" ditutup langsung oleh Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan,Ph.D.


Dan dilanjutkan dengan penyampaian Sambutan Pj Bupati Bireuen. Aulia Sofyan menyebutkan sangat inti, kegiatan seperti ini diharapkan bisa berlanjut setiap dua atau tiga bulan sekali, 


"Apalagi dalam dua tahun terakhir berbagai kegiatan banyak yang vakum akibat musibah Covid-19," ujarnya.

"Untuk mengenal bagaimana budaya yang ada kita miliki di Aceh ini. itu sangat penting tentunya Pemerintah daerah akan mendukung dan memfasilitasi kegiatan seperti ini," kata Pj Bupati Bireuen ini.


"Lanjut Pj Bupati Bireuen, juga menyebutkan, bahwa tidak perlu berpidato panjang lebar, yang diperlukan kerja nyata, Pj Bupati Bireuen segera mengakhiri sambutanya,


Usai mengakhirinya, Pj Bupati Bireuen langsung turun dari Panggung, namun Panitia menghalokan Pj Bupati, untuk menunggu sejanak guna untuk diperlihat berbagai rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan panitia di layar tancap,


Berbagai Rangkaian acara malam penutupan Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa yang digagas oleh Sanggar Rangkang Sastra, penonton dimanjakan dengan persembahan aneka seni.

Diantaranya, Seperti, Rapai Pulot Grimpheng, Tari Munajad, Seudati, Puisi Musik, Sukat Tujuh.


Dilanjutkan dengan Rebbani Wahed, Performing Music Etnic Art bersama Joel Pase and Friends serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba melukis "Meudiwana Bumoe Jeumpa dan Kompetisi Foto.


Sebelumnya, Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen, H.Mukhlis,S.H melaporkan, dengan semangat berkebudayaan dan berkesenian, Alhamdulillah, Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa yang telah dilaksanakan mulai 20 sampai 22 November 2022 telah selesai dilaksanakan.


"Lanjut Mukhlis, semuanya patut berbangga, kegiatan ini akhirnya berhasil diinisiasi oleh Rangkang Sastra dibawah binaan Dewan Kesenian Aceh (DKA) Bireuen.


"Rangkang Sastra telah membuktikan komitmen semangat Bumoe Jeumpa bergema di Provinsi Aceh," ucapnya.


Dilaporkan, kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh.
Dengan konsep keseluruhan, ikon Kabupaten Bireuen yakni Bungong Jeumpa. Dan Rangkang Sastra telah matang dalam segi pengembangan dan penguatan konsep kegiatan.


"Sehingga Disbudpar Aceh melalui serangkaian proses kurasi, kemudian meloloskan kegiatan ini untuk dilaksana kan di Kabupaten Bireuen," kata H.Mukhlis.


Disampaikan, selama tiga hari seluruh kegiatan telah diatur secara maksimal dengan koordinasi penuh dengan Kapolres Bireuen, desa setempat dan dinas terkait.


DKA Bireuen terus mendukung seluruh kegiatan dalam pengembangan ekosistem kebudayaan Bireuen.


Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang dibuka dengan Pertunjukan Garapan Kolosal Tari Piasan Buleuen Mulod.


Kemudian Jamboe Peunajoh Bireuen, Jamboe Seni dan Ekonomi Kreatif, Panggung Apresiasi Seni, Lomba Lukis di Tampah dan Lomba Foto.


" Seluruh acara dan berbagai rangkaian akan resmi ditutup malam ini. Urainya.


Ketua DKA Bireuen ini mengajak masyarakat Bireuen, untuk terus bersama Dewan Kesenian Aceh Bireuen membangun Budaya dan Seni, Menuju Bireuen Meusyehu, Piasan Indatu, Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata, Semangat Cahaya Aceh.


Berikut data juara lomba yang Kabar Bireuen peroleh dari panitia, kuara lomba melukis "Meudiwana Bumoe Jeumpa, juara I diraih Dhafa Aqil Shafiq (MTS Az Zanjabil), juara II M. Luthfy (MTS Az Zanjabil) dan juara III Nazarul Fahrezi (MTS Az Zanjabil).


Kemudian juara harapan I Auliana (SMPN 2 Bireuen), Harapan II, M. Riski Akbar (MTS Az Zanjabil) dan Harapan III M. Hafiz (MTS Az Zanjabil).


Selanjutnya Kompetisi Foto, Kategori Handphone.
Juara I @welanmuharila, juara Il @patra._rizki dan Juara Ill @noviemutriya.


Kemudian kategori DSLR/Mirorrices, juara I @sudutphotography89, juara II@noor_frame
dan juara III @ndi_maulane_02.


Amatan TheAtjehNet. di lokasi, konsep tata panggung, soundystem hingga lighting
dalam Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa ini luar biasa dan spektakuler.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru