Hari Kesehatan Gigi Nasional, Ratusan Pelajar Lhokseumawe Sikat Gigi Massal

author photoCj Laung
12 Sep 2022 - 16:36 WIB

LHOKSEUMAWE - Memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN), ratusan siswa/siswi Sukma Bangsa Lhokseumawe melakukan sikat gigi massal.

Kegiatan sosialisasi kesehatan Gigi dan Mulut yang digelar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Aceh Utara - Lhokseumawe itu berlangsung di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe, senin (12/09/2022).

Diketahui, momen kesehatan Gigi dan Mulut diperingati setiap 12 September, di Tahun ini, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Cabang Aceh Utara - Lhokseumawe bekerjasama dengan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe, melaksanakan penyuluhan terkait pentingnya sejak dini merawat kesehatan gigi dan salah satu faktor upaya awal pencegahan stunting pada anak.

Kepala Sekolah SD Sukma Bangsa, Cut Fitri Yana mengatakan, dalam rangka HUT HKGN tahun 2022, seluruh siswa SD dilibatkan dalam kegiatan ini, dari kelas satu sampai kelas enam mengikuti penyuluhan dan sikat gigi massal.

Lebih lanjut Cut Fitri menyebutkan, pentingnya kegiatan ini dilakukan dan diikuti para muridnya, sebab, menjaga kesehatan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar, lantaran di usia dini  mereka baru mengalami pertumbuhan gigi, dari gigi susu berganti ke gigi yang asli.

Menurut kata Cut Fitri, memberi edukasi untuk menjaga gigi agar tetap sehat pada anak sangatlah penting, lantaran sering terjadi pada siswanya yang tidak masuk sekolah  alasan karena sakit giginya, ungkapnya.

"Seringnya Anak-anak izin tidak masuk sekolah karena giginya sakit. Bertepatan peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional tahun 2022 ini serta dukungan dan kerjasama antara pihak Sekolah Sukma Bangsa dengan PDGI Aceh Utara - Lhokseumawe, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan motivasi siswa/siswi pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PDGI Aceh Utara - Lhokseumawe, Drg.Dicky Fachriza.,MKM menyebutkan, pada kegiatan yang diadakan hari ini, dan serentak dilakukan juga oleh dokter gigi di seluruh Indonesia, pihaknya bertujuan untuk memberi edukasi betapa pentingnya menjaga gigi pada anak sejak usia dini, diharapkan dengan memperingati hari kesehatan gigi&mulut (HKGN) ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Ketua PDGI juga berpesan kepada orang tua siswa, untuk memberikan edukasi tentang menjaga kesehatan gigi, dengan cara selalu mengajak anak untuk sikat gigi minimal sehari dua kali, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, agar terhindar terjadinya karies pada gigi anak.

"Sebagai salah satu faktor upaya preventif kita sejalan dengan program pemerintah dalam mencegah bahayanya stunting pada anak, dengan cara yang paling sederhana yaitu menyikat gigi secara rutin dengan baik dan benar untuk menjaga kesehatan gigi&mulut sedari awal," pungkasnya.

Kegiatan dengan tema "Pulih Bersama Senyum Sehat Indonesia", selain digelar sikat gigi massal yang dilakukan ratusan murid, para dokter PDGI Cabang Aceh Utara-Lhokseumawe juga memberikan sikat gigi gratis sekaligus mensosialisasikan demo cara menggosok gigi yang baik dan benar, kegiatan antusias diikuti ratusan murid Sukma Bangsa Lhokseumawe.
KOMENTAR