Sang "Burak" Terbaring Lemas Karena Lumpuh.

author photoHasan Basri
17 Apr 2022 - 14:12 WIB

TheAtjeh.Net- Aceh Timur- Hari berganti Bulan, Tahun pun mulai berganti angka, namun penyakit yang dideritanya belum juga nampak tanda-tanda sembuh, itulah yang dirasakan Faisal warga Dusun Damai, Desa Titi Barueh, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

Ia mulai menderita penyakit yang sangat berbahaya sejak Januari tahun 2020 lalu, awalnya ia merasa kejang-kejang dan kebas diseluruh tubuh, dirinya merasa hanya penyakit biasa namun kian hari semakin parah hingga akhirnya dirinya tidak merasakan apa-apa lagi bahkan badan bagian kiri termasuk kaki dan tangannya tak bisa ia gerakan lagi.

Akhirnya pada Maret 2020 dokter memvonis ia menderita penyakit lumpuh sebelah badan, kini sang Kombatan GAM tersebut terbaring lemas dirumah dengan didampingi anak-anaknya yang masih kecil dan seorang yang istri.

Faisal Bin Alm Ilyas tercatat sebagai seorang mantan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Peureulak, Komando Sagoe Pante Bidari Camp Colombo ketika masa konflik dulu. Ia dikenal dengan fostur tubuh yang kokoh dan tinggi bak bintang Film Hollywod Arnold Schwarzenegger, namun  kini semua itu tidak berarti lagi ketika penyakit tahunan itu melandanya.

Kini kondisi kehidupan Burak (nama sandi_red)  semakin dihimpit kesusahan apalagi ia harus menafkahi anak-anaknya yang masih kecil-kecil dan masih duduk di bangku pendidikan  Sekolah Dasar (SD) serta belajar mengaji, sedangkan istrinya Nurul Husna hanya seorang ibu rumah tangga tanpa pekerjaan tetap.

Sebenarnya ia sangat membutuhkan uluran tangan dari orang dermawan untuk bisa sedkit meringankan himpitan ekonomi keluarganya, namun dirinya tidak tahu kemana harus meminta pertolongan itu.

Mendengar teman seperjuangnya mengalami penyakit lumpuh, Panglima Sagoe Julok, Yuswanda alias Teuntra Rusia datang menjenguk temannya dengan membawa alakar sembako yang berhasil ia kumpulkan dari teman-temannya termasuk bantuan dari Yahya Boh Kaye seorang anggota Dewan DPRK dari Partai Aceh Dapil Idi, Aceh Timur.

"Saya baru mendengar kalau si burak mengalami lumpuh, dan Alamdulillah hari ini kita menjenguk beliau dengan membawa sedikit sumbangan untuk menopang kebutuhan sehari-hari walaupun hanya sementara" Ungkap Yuswanda, Sabtu 16 April 2022.

Ia meminta pihak terkait untuk membantu Faisal karena jika dilihat dari kehidupannya sangat menyedihkan dan sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan.

"Kita juga meminta kepada teman-teman PKH dan TKSK, pihak dari Kecamatan Simpang Ulim dan Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur datang menjenguk yang bersangkutan, karena saya lihat beliau sangat membutuhkan uluran tangan kita semua" Lanjut Pang Julok

Dibulan yang penuh berkah ini ia juga mengajak kepada teman mantan Kombatan juga sedikit menyisihkan sumbangan untuk membantu yang bersangkutan, karena menurutnya sangat layak untuk dibantu.

"Saya rasa dibulan yang penuh dengan berkah ini apa salahnya jika ada teman-teman datang menjenguk belau, apapun kita harus menyadari bahwa kita pernah senasib ketika didalam hutan dulu, jadi sekarang saatnya lah kita saling membantu satu sama lain, semoga kawan-kawan semua membaca ini" Pungkas Yuswanda. (Basri)

Teks Foto: Pang Julok menjenguk Faisal alias Burak yang mengalami lumpuh di Desa Titi Barueh, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

KOMENTAR