Usai Ikuti Diklatsus Di Bandung, LAN Bireuen Siap Berantas Narkotika

author photoM. Sulaiman
18 Jan 2022 - 03:10 WIB

BANDA ACEH- Permasalah Narkoba di Negera Indonesia dapat di katakan menjadi ancaman terbesar bagi bangsa, namun hasil surve nasional pada tahun 2021 mendapati prevelensi penyalahgun aan narkotika sangat meningkat tajam, sebanyak 0,15 persen.


Maka dengan adanya temuan Nasional dalam melakukan surve di seluruh Indonesia pada tahun 2021 lalu, terdapat penyalahgunaan Narkotika meningkat 0,15 persen, ini menjadi ancaman terbesar bagi bangsa Indonesia, jika ini dibiarkan maka dikhawatirkan akan terjadi permasalahan besar di kalangan generasi muda yang akan datang.


Berdasarkan data Survei Nasional pada 2021 mendapati bahwa prevalensi penyalahgunaan narkotika di Indonesia meningkat sangat tajam. Terkait hal tersebut. Pengurus Lembaga Anti Narkotika (LAN) Pusat mengambil keputusan untuk mengadakan Pembekalan Pendidikan Dan Pelatihan Khusus (Diklatsus), kepada seluruh pengurus LAN di seluruh Kabupaten Kota pada Rabu 12 Januari 2022. 


Pelatihan tersebut dilakukan sebagai bentuk untuk peningkatan pengurus LAN Kabupaten/Kota dalam rangka membantu pencegahan dan penyalahgunaan narkotika bagi pecandu narkoba.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari di Hotel Geo Wisata Inn Kota Bandung, Dengan mengusung tema,"Melalui Semangat Juang Nasional Penanggulan gan Bahaya Narkotika (PBN) Dari Sabang Hingga Marauke Bersama Lembaga Anti Narkotika (LAN) Mari Selamatkan Masa Depan Generasi Bangsa Dengan Berantas Tunas Sapu Bersih Narkotika Dari Bumi Nusantara".


Sedangkan enam (6) orang Pengurus Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh di turunkan untuk mengikuti Pembekalan Pendidikan Dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) yang dilaksanakan oleh LAN Pusat yang berlangsung di Kota Bandung. 


Kepada Media TheAtjehNet. Zulfikar S. Pd selaku Ketua (LAN) Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh pada Senin 17 Januari 2022 mengatakan, Sejumlah enam (6) orang personil Pengurus LAN Bireuen yang mengikuti Diklatsus ke Bandung terdiri dari, Ketua Zulfikar,  Humas Akhyar Rizki, Bendahara  Raihan Putri, Antoni Ketua bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Pencegahan Bid, Pemberdayaan perempuan dan Anak Tgk M Nailul Fadhal dan Anggota Al- Munadia.
Sebutnya,

Sedangkan Peserta yang dihadirkan dalam mengikuti pelatihan ke Bandung merupakan satu-satunya delegasi dari Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bireuen," ini merupakan bukti totalitas perjuangan LAN Kabupaten Bireuen dalam membela Generasi Muda kedepan dari pengaruh narkoba, dengan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika," Keseriusan dalam penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaksana program Penanggulangan Bahaya Narkoba (PBN) di Daerah Kabupaten/Kota dan sekaligus ini sebagai bukti nyata dalam menjalani amanah sebagai pengurus LAN Kabupaten Bireuen. Ungkap Ketua LAN Bireuen itu.


Diacara Diklatsus tersebut turut hadir beberapa narasumber ternama ditingkat  Nasional di antara lain, Mayjen TNI Pur Dr H Arief Rachman MD, Komjen Pol Pur Drs Anang Iskandar SH MH, Brigjen Pol Dr dr Victor Pudjiadi S Pb FICS DFM, Prof Dr Hj Anna Mariana SH MH MBA, Dr Abdul Haris Achadi SH DESS, Sutan Rusdal Inayatsyah, Raja Huristak XII dan Ibrahim Saehaia.


Menurutnya, Banyak sekali modus baru kejahatan narkotika. Banyak juga jenis baru narkotika yang beredar di kalangan masyarakat harus ada kepekaan sosial yang harus kita bangun bersama, sehingga kita bersinergi dalam mencegah peredaran gelap dan menekan angka penyalahguna an narkoba di Kabupaten Bireuen,"urainya


"Lanjutnya, kami dari Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bireuen berbagai cara mengupayakan untuk menghadiri dalam hal menuntut ilmu sebagai bekal ketika turun ke desa-desa dalam mensosialisasikan bahaya Narkoba" sebutnya lagi.


"Kami dari Pengurus LAN Bireuen sangat serius membantu Pemerintah Kabupaten Kota, khususnya Kabupaten Bireuen dalam pemberantasan Narkotika. Walaupun kami tidak memiliki DIPA di Kabupaten/Kota di APBK dan APBA dengan keterbatasan anggaran pribadi masing-masing personil kami Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bireuen tetap mengikuti Diklatsus ke Bandung,


Hal ini tidak membuat para delegasi LAN Kabupaten Bireuen patah semangat dalam menuntut ilmu tentang Narkotika ke ranah tingkat Nasional," 


Namun sebelum pengurus LAN Bireuen berangkat Diklatsus, Pihaknya telah mengajukan Pemohonan Bantuan Dana di sejumlah Dinas dan bertemu langsung dengan para Kadis-kadis Kabupaten Bireuen dalam hal permohonan bantuan Dana untuk menghadiri acara Diklatsus ke Bandung, namun jawabannya tetap sama, artinya jawaban para kadis dilingkungan pemerintah Kabupaten Bireuen bahwa, tidak punya Anggaran,  "Tapi langkah kami LAN Bireuen tidak hanya slogan, Anti Narkotika tetap Jalan". Kata Ketua Zulfikar.

Ia juga menyebutkan, mengingat Kabupaten Bireuen sudah sangat banyak kasus yang ditangani pihak berwajib tentang penangkapan Nakotika(Sabu) dan penyalahgunaan Narkotika di kalangan remaja khususnya jenis Sabu-sabu. Bahkan ratusan kilogram sabu di pasok dari luar Negeri melalui darat dan lautan India ke wilayah Kabupaten Bireuen yang dijadikan bagai terminal Internasional Narkotika.


Dan pihaknya selalu berupaya mencari jalan keluar dalam penanganan barang haram ini, sehingga bertekad mencari ilmu sampai ke Bandung guna meningkatkan kapasitas diri nantinya,


Ungkapnya lagi, LAN Bireuen. dalam kesempatan yang sama, Ia berharap pihak BNNK Bireuen dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bireuen untuk dapat menjalankan program kerja (pokir) yang sudah dirancang oleh pengurus LAN Bireuen kedepan, dimana untuk mendapat dukungan serta diimplementasikan kepada masyarakat Kabupaten Bireuen. Harap Ketua LAN itu.


Diakhir ucapannya, ia turut ucapkan rasa terimakasih kepada para donatur dalam Kabupaten Bireuen yang telah membantu delegasi LAN  Bireuen untuk dapat keberangkatan ke Bandung guna menuntut ilmu tentang Narkotika ke ranah tingkat Nasional, 


Dan Kami berharap untuk kedepan terus mensupport serta mendukung apapun yang dilakukan program Pemuda-pemudi yang nilainya positif untuk Daerah, Hal ini selagi masih dalam kegiatan kemasala hatan bersama lebih-lebih untuk masyarakat banyak."Motivasi itu harus diberikan dari dalam maupun dari luar. Motivasi dari dalam tanpa motivasi dari luar tidak akan sukses." Tegas Ketua LAN Bireuen. Zulfikar.(MS)
KOMENTAR