Komsos TNI, Wujud Sinergi Lahirkan Pemuda Handal Ditengah Pandemi

author photoRedaksi
29 Sep 2021 - 13:57 WIB

Lhokseumawe - Korem 011/Lilawangsa mengelar Komunikasi Sosial (Komsos) di Taman Eco Wisata Kolam Pancing Cunda Korem 011/LW, Kota Lhokseumawe, Selasa (28/09/2021).

Acara turut dihadiri dan diikuti puluhan mahasiswa-mahasiswi perwakilan dari Unimal, Politeknik, IAIN, STIE, STIA Nasional, STIE Bumi Persada, Stikes Darussalam, Akper Kesdam IM, STIT Darussalam, dan Stikes Muhammadiyah Lhokseumawe.

Komsos yang diadakan Korem 011/Lilawangsa, para peserta turut diberi pembekalan oleh pemateri dari kalangan pengusaha yang telah mumpuni.

Adapun pemilik Socolatte, Irwan seorang pengusaha sukses yang memiliki bisnis coklat Socolatte hingga diekspor ke Jepang turut berbagi pengalaman kepada para peserta acara.

Dia menegaskan, bahwa memulai menjadi seorang  pengusaha, menurutnya banyak potensi yang bisa dijadikan peluang untuk usaha, dihadapkan dengan potensi luar biasa yang dimiliki Aceh, asal memiliki kemauan, keberanian mengambil resiko, belajar terus meningkatkan diri, jangan bergantung pada orang lain atau pemerintah.

Selain itu, Azhari pengusaha sukses asal Lhokseumawe membawakan materi tentang  pentingnya menjadi pengusaha.

Dia menyebutkan. "Negara kita masih disebut negara berkembang karena warga Indonesia yang jadi pengusaha masih dibawah 2%, sementara singapure sebagai negara maju sudah 7%, Amerika 11%, dan china sdh 27%, padahal untuk menjadi pengusaha memiliki peluang yang besar untuk generasi muda" katanya.

Sementara itu, materi tentang perlunya melestarikan budaya kita yang sudah diakui dunia sebagai bangsa yang ramah dengan membudayakan nilai leluhur kita. "Mengucapkan salam, terimakasih, maaf dan  tolong  yang dapat menimbulkan rasa cinta dan etika yang tinggi dalam kehidupan kita," terangnya Putra/Putri Kebudayaan Nusantara, M Khalil Q dan Intan H. 

Di ujung acara, Babinsa Koramil Langkahan, Kodim 0103/Aceh Utara menjelaskan tentang budidaya maggot dari lalat Black Soldiers Fly, yang terbukti memiliki banyak manfaat, selain baik sebagai pakan ikan, ayam dan bebek karena kandungan protein yang tinggi, juga mampu membantu mengurangi sampah organik di pasar-pasar.

Sebelum mengakhiri kegiatan, para pembicara, juga peserta menabur bibit ikan nila di kolam eco wisata Cunda, sebagai salah satu lokasi wisata alternatif di kota Lhokseumawe.
KOMENTAR