Kebakaran Hutan di Batee, Dandim Pidie Minta Warga Saling Jaga

author photoRedaksi
6 Sep 2021 - 21:46 WIB

PIDIE - Maraknya potensi kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh, tepatnya di Gampong Kareung, Kecamatan Batee, Senin (6/9/2021) pukul 06.30 Wib.

Titik api kebakaran dapat dideteksi dari aplikasi hotspot yang digunakan Koramil 23/Batee Kodim 0102/Pidie. Diperkirakan seluas 5 hektar lahan kosong di perbukitan daerah itu hangus. Mengenai penyebab kebakaran, saat ini  masih dalam penyelidikan polsek setempat.

Komandan Kodim (Dandim) 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sanatha mengatakan, upaya preventif telah dilakukan oleh para Babinsa TNI khususnya di Koramil wilayah Kabupaten Pidie baik berupa himbauan kepada masyarakat hingga melakukan pemadaman kebakaran, sehingga bisa menjadi panduan akan rentannya kebakaran hutan saat musim kemarau ini.

Dandim berharap masyarakat mau menjaga kelestarian hutan dengan saling peduli dan sadar  akan bahaya membakar lahan walau dengan tujuan berkebun atau lainnya. 

"TNI khususnya Kodim 0102/Pidie dan jajaran tetap siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau saat ini. Masyarakat diharapkan sadar akan bahaya melakukan pembakaran hutan yang menimbulkan bencana" terang Dandim.

Berkat kerjasama para Babinsa dan Babinkabtimas serta warga  setempat, lahan seluas 5 hektare tersebut berhasil dipadamkan pada pukul.10.20 WIB walau medan lokasi kebakaran sulit ditempuh.
KOMENTAR