Waspada Karhutla, TNI Gunakan Aplikasi Hotspot Untuk Temukan Kebakaran Lahan di Pidie

author photoRedaksi
7 Agu 2021 - 09:35 WIB

PIDIE - Lahan seluas 2 hektar di perbukitan Puncak Gampong Kulee Kecamatan Batee Kabupaten Pidie, terbakar, Jum'at (06/08/2021).

Kebakaran lahan kosong milik warga itu diketahu oleh Babinsa TNI Koramil 23/Batee setelah terpantau dari Aplikasi hotspot.

Danramil 23/Batee, Letda Inf Irwansyah mengatakan, Pihaknya mengetahui kebakaran terjadi pada pukul  16.00 WIB setelah terdeteksi dari aplikasi hospot, kemudian personil Koramil 23/Batee berkoordinasi dengan Polsek Batee dan langsung menuju ke lokasi.

Lahan kosong diduga sengaja dibakar untuk digunakan berkebun cabai. Namun sampai saat ini pemilik lahan belum diketahui.

Sementara Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha SE, M.I.P saat dikonfirmasi membenarkan adanya informasi tersebut.

Menurutnya Kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan masih sangat minim, sehingga pada saat membuka lahan pertanian sering kali dengan cara membakar, terangnya.

Dandim menghimbau kepada masyarakat agar kasus kebakaran seperti ini tidak terulang kembali, pentingnya kesadaran masyarakat akan bahayanya Karhutla.

"Untuk itu setelah berulang kali diingatkan, pihak TNI-Polri akan melakukan tindakan tegas guna memberikan efek jera bagi para pelaku, sehingga kejadian kebakaran tidak terulang lagi, tegas Dandim.
KOMENTAR