Bupati Muzakkar A Gani Resmikan Pasar Rakyat Beunyot Juli

author photoM. Sulaiman
5 Agu 2021 - 00:33 WIB

BIREUEN- Dengan adanya Pembangunan Pasar Rakyat Beunyot bertujuan untuk dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat di kecamatan Juli, kini telah diresmikan oleh Bupati Bireuen Dr. H Muzakkar A. Gani SH. M.Si, yang didampingi
Kepala Dinas Perdagangan, Perindustri an Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Ir. Alie Basyah dan Camat Juli, Doli Mardian, SE. Rabu, 4 Agustus 2021.


Pasar Rakyat Beunyot di Kecamatan Juli, yang bersumber dari Dana Tugas Pembantuan (TP APBNP) tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar, namun dengan adanya pasar rakyat ini, tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Masyarakat Kecamatan Juli kedepan.


Usai diresmikan Pasar Rakyat Beunyot Kecamatan Juli, Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A,Gani SH, M.Si, menyampai kan dalam sambutannya, berharap dengan kehadiran pasar ini, nantinya dapat dirasakan manfaat oleh Masyarakat kecamatan juli, 


Dengan adanya pasar rakyat ini, semoga dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat," Harap Bupati Muzakkar A Gani.


"Meski pasar rakyat ini adalah pasar tradisional, manajemen pasar kedepannya perlu memperhatikan aspek kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan. Sehingga kesan pasar tradisional yang kumuh, kotor, bisa dihindari dari berbagai lainya," Sebut Bupati Bireuen


Lanjutnya, diharapkan Kepada pengelola Pasar rakyat Beunyot ini, agar dalam pengelolaannya benar-benar memperhati kan aspek pendayagunaan dan pemeliharaannya yang maksimal mungkin kedepannya,"Tegas Bupati Muzakkar A, Gani.


Disamping itu dikatakan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Ir. Alie Basyah, menyebutkan dalam laporanya, Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan. Nama pasar tradisional telah diubah menjadi Pasar Rakyat.


Pasar Rakyat merupakan suatu lembaga ekonomi yang mempunyai fungsi strategis, diantaranya simpul kekuatan ekonomi lokal, untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian daerah, dan untuk dapat meningkatkan kesempatan kerja bagi Masyarakat.


Pasar Rakyat, sebagai tempat transaksi antara penjual dan pembeli juga sebagal tempat silaturahmi antara masyarakat, Pasar Rakyat Beunyot ini, yang bersumber dari Dana Tugas Pembantuan (TP APBNP) tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar," sebut Alie Basyah.


Gedung Bangunan Pasar Rakyat Beunyot, yang terdiri dari 9 unit kios 90 unit los/lapak 1 unit tempat pemotongan unggas (RPU), dilengkapi dengan ruang kantor, mushala, toilet, ruang menyusui dan ruang ATM serta tempat parkir yang memadai.


Sementara dalam Sambutan Camat Juli, Doli Mardian, SE. mengatakan, atas nama masyarakat Juli, sangat mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen, yang telah membangun gedung Pasar Rakyat Beunyot ini.


"Semoga kehadiran Pasar Rakyat di Beunyot ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, kehidupan sosial masyarakat Kecamatan Juli kedepan," Terang Camat Doli.


Pada acara peresmian pasar rakyat beunyot tersebut,Turut hadiri, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, camat dan unsur Forkopimcam, para keuchik, perangkat gampong dalam kecamatan juli dan undangan lainnya.(MS)
KOMENTAR