Produktif Ditengah Pandemi, Keberhasilan Babinsa TNI Bimbing Warga Hingga Panen Ikan 4 Ton

author photoRedaksi
6 Jul 2021 - 11:23 WIB

ACEH UTARA – Walaupun ditengah situasi pandemi covid-19, Babinsa TNI dari Koramil Langkahan bersama warga binaannya mampu meraup keuntungan besar jutaan rupiah dari hasil panen ikan Patin sebanyak 4 Ton.

Produktivitas Babinsa TNI bersama warganya, yang memanfaatkan sungai mati di Dusun Pante Ara, Desa Tanjong Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, yang membuat Keramba Apung tempat budidaya ikan patin.

Babinsa Koramil Langkahan, Serda Samsudin mengatakan, Ia bersama warga binaannya kali ini melakukan panen ikan patin yang Keempat kalinya sebanyak 1 Ton dan habis terjual kepada agen dengan harga Rp.15.000,- perkilonya.

Serda Samsudin merincikan, bahwa panen yang Pertama menghasilkan ikan sebanyak 850Kg, kemudian panen Kedua sebanyak 1 Ton, dan panen yang Ketiga sebanyak 1.300 Kg atau 1 Ton lebih, saat ini merupakan panen Keempat kalinya sebanyak 1 ton, katanya. 

"Jadi saat ini sudah memanen ikan patin sebanyak 4 Ton lebih, dengan harga rata-rata 11.000,- sampai 18.000,- perkilonya, dan saat ini diperkirakan tersisa ikan patin yang belum panen yang masih ada di dalam kerambah sebanyak sekitar 1 Ton lebih, jelas Serda Samsudin usai melakukan panen ikan, Senin (5/7/2021).

Sementara itu, Abdulah selaku Ketua kelompok keramba ikan jaring apung mengatakan, dirinya mewakili para anggotanya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pangdam IM, Danrem 011/LW dan Dandim 0103/Aut yang telah peduli kepada masyarakat, khususnya warga Desa Tanjong Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan.

"Walaupun saat ini masih suasana pandemi, melalui bantuan baik itu bibit ikan, pakan dan lainnya yang telah kami terima dan dibantu Babinsa disini mengajak kami untuk mau berbuat, produktif melalui usaha mandiri sehingga saat ini kami sudah memiliki penghasilan," ungkap Abdullah.
KOMENTAR