Pemkab Aceh Utara Bantu 18 Lembu Qurban untuk Dayah, Masjid dan Gampong

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara membantu 18 ekor lembu untuk qurban yang disebar ke dayah-dayah, masjid dan gampong. Bantuan ini berasal dari SKPK-SKPK jajaran Pemkab Aceh Utara, dilaksanakan atas inisiatif Bupati H Muhammad Thaib dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf.

Berikut rincian sebaran hewan qurban bantuan dari Pemkab Aceh Utara, masing-masing dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 3 ekor lembu, yakni untuk Dayah Malikussaleh Gampong Rawang Itek Kecamatan Tanah Jambo Aye (1 ekor), Masjid Raya Pase Pantonlabu (1 ekor) dan Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon (1 ekor).

Berikutnya dari Dinas Kesehatan 2 ekor dengan rincian untuk Dayah Madinatuddiniyah Paloh Gadeng (1 ekor) dan untuk Masjid Besar Bujang Salim Kruenggeukueh (1 ekor). Dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman sebanyak 2 ekor, dibantu untuk Masjid Nurul Iman Kecamatan Nibong (1 ekor) dan Gampong Alue Drien Kecamatan Lhoksukon (1 ekor).

Dari Dinas PUPR sebanyak 2 ekor, masing-masing 1 ekor untuk Gampong Hueng Kecamatan Tanah Luas dan 1 ekor untuk Gampong Keutapang Kecamatan Lhoksukon.  Dari Rumah Sakit Umum Cut Meutia sebanyak 1 ekor untuk Dayah Darul Huda Lueng Angen Kecamatan Langkahan. Dari Dinas Pertanian dan Pangan 1 ekor untuk Lingkungan IV Kampung Baru Kuta Lhoksukon.

Berikutnya dari Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan 1 ekor lembu untuk Dayah Raudhatul Maarif Cot Trueng Kecamatan Muara Batu. Dari Dinas Kelautan dan Perikanan 1 ekor untuk Dayah Darul Ulum Gampong Paloh Kayee Kunyet Kecamatan Nisam. 

Dari Dinas Perhubungan 1 ekor untuk Gampong Ara Kecamatan Syamtalira Aron.

Kemudian dari Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tanaga Kerja sebanyak 1 ekor untuk Masjid  Simpang Dama Kecamatan Tanah Pasir. Dari Dinas Pendidikan Dayah sebanyak 1 ekor untuk Dayah Mampre Kecamatan Syamtalira Aron, Sekretariat DPRK  1 ekor untuk Dayah Darul Muttaqien Gampong Matang Tunong Kecamatan Lapang, dan terakhir dari Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Utara sebanyak 1 ekor untuk Masjid Baitul Taqwa Kecamatan Lapang.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengatakan bantuan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini dilaksanakan di tengah-tengah deraan pandemi Covid-19. Oleh karena Pemkab Aceh Utara melaksanakan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan yang ketat. 

"Saya mohon maaf tidak hadir ke tengah-tengah jamaah atau ke lokasi penyerahan hewan qurban, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Cek Mad, sapaan akrab Bupati, Rabu, 21 Juli 2021.

Banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan saat ini, lanjut Cek Mad, akan tetapi kemampuan Pemkab Aceh Utara sangat terbatas. Pada tahun-tahun sebelumnya jumlah bantuan hewan qurban bahkan mencapai puluhan ekor, bahkan ada ASN yang mampu berqurban sendiri satu ekor lembu disalurkan melalui Pemkab Aceh Utara. 

"Kita harapkan pada tahun-tahun mendatang kondisi ini akan segera pulih, deraan Covid-19 segera berakhir, dan kita kembali pada kehidupan yang normal, roda pemerintahan juga kembali normal seperti sediakala," ungkap Cek Mad.

Penyerahan hewan qurban oleh Pemkab Aceh Utara diantar langsung oleh pejabat dari dinas masing-masing ke lokasi bantuan sejak hari Senin, 19 Juli 2021.

Seorang panitia qurban di Masjid Baitul Taqwa Kecamatan Lapang, Romi, mengatakan penyembelihan qurban di masjid tersabut dilaksanakan pada hari kedua Idul Adha, Rabu, 21 Juli 2021. Penyembelihan dilaksanakan di area masjid dengan dihadiri pada tokoh masyarakat, tokoh agama dan pejabat kecamatan. 

"Alhamdulillah, pelaksanaannya lancar, pembagian daging juga lancar dengan mempertimbangkan protokol kesehatan, tidak ada kerumunan warga yang berlebihan. Kami berterimakasih kepada para pihak yang telah menyumbang hewan qurban untuk masyarakat Lapang, termasuk dari Pemkab Aceh Utara," ungkap Romi. ***
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru