Buka Persami, Danrem 011/LW Serahkan Bibit Pohon dan Water Bottle, Bentuk Generasi Muda Berwawasan Kebangsaan

author photoRedaksi
21 Jun 2021 - 14:46 WIB

Aceh Utara - Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan, Persami Pramuka Saka Wira diadakan bertujuan mewujudkan generasi muda yang berkarakter berwawasan dan kebangsaan.

Hal itu dikatakan Danrem pada saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan Persami, di Sanggar Pramuka, Desa Paya Tunong Pulo Rungkom, Jln. KKA. KM.15, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (19/06/2021).

Kegiatan Persami Pramuka Saka Wira digelar selama Dua hari Sabtu dan Minggu diikuti sebanyak 50 peserta setingkat SMA dan  10 peserta dari pamong pramuka.

Lebih lanjut Danrem menyebutkan, kegiatan Pramuka yang berlangsung saat ini merupakan implementasi program kerja TNI AD yang dilaksanakan setiap tahunnya. Khusus di masa pandemi Covid 19 ini, Panitia telah melaksanakan swab test antigen kepada semua pihak yang terlibat dalam pelatihan, sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan lancar. 

Tahun ini tema yang diangkat  adalah "Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif melalui Pembinaan Pramuka saka Wira Kartika Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan berwawasan Kebangsaan".

Dihari kedua Minggu (20/06/2021), usai melakukan penutupan Persami Pramuka Saka Wira Kartika, Danrem juga memberikan bantuan berbagai jenis bib├Čt pohon buah di Desa Paya Tunong Pulo Rungkom.

"Manfaat pohon buah, selain memiliki nilai ekonomi juga nilai konservasi atau perlundungan, antara lain dapat mencegah terjadinya perubahan iklim".

Selain itu, Danrem turut membagikan botol air minum kepada para peserta dengan tujuan agar para peserta senantiasa memenuhi kebutuhan air minum harian, juga mengurangi penggunaan plastik lewat air kemasan, seperti yang tertera dalam Dasa Darma Pramuka, tentang mencintai alam. 

"Keikutsertaan TNI AD dalam memajukan gerakan pramukan secara nasional khususnya di Wilayah Kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa adalah salah satu wadah pembentukan generasi muda yang berkarakter Nasionalisme, Cinta Tanah Air, Semangat juang dan tidak mudah menyerah serta Berwawasan Kebangsaan, harap Danrem.

Kegiatan turut dihadiri antara lain, - Kasiter 011/LW Letkol Inf Mulyadi, Pabung Aceh Utara Myr Cba Jumiin, Kepala sekolah Rusli SPd para Danramil Dim 0103/Aut.
KOMENTAR