Dandim Oke: Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Lhokseumawe Oleh TNI Sesuai Prosedur

author photoRedaksi
20 Mei 2021 - 14:58 WIB

LHOKSEUMAWE - Pasien terkomfirmasi positif Covid 19 berisinial IF (51) yang meninggal di RSU Cut Mutia, Selasa (18/5/2021) siang, merupakan warga Desa Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Selain itu, prosesi pemakaman jenazah dilakukan personel TNI Kodim 0103/Aceh Utara Babinsa Koramil 16/BS di TPU Desa Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota lhokseumawe sesuai prosedur dengan protokol kesehatan, kata Dandim dalam keterangan via seluler, Kamis (20/5/2021).

"Jenazah terkonfirmasi covid-19 itu pemakamannya turut dibantu Babinsa bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Tim Medis RSUD Cut Mutia, mulai menyiapkan prosesi pemakaman sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO dengan memakai alat pelindung diri," jelas Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto.S.A.P.

"Saya mewakili Forkopimda turut berduka cita atas meninggalnya orang tua kita dan saudara kita, kita berharap keluarga ikhlas serta tabah menerimanya,"

Dandim menyebutkan bahwa masih adanya masyarakat yang kurang mengindahkan peringatan dan minimnya kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal itu menjadi kendala dalam memutuskan penyebaran virus Corona, katanya.

Kodim 0103/Aceh Utara beserta Koramil jajaran melalui peran Babinsa TNI terus menyemarakkan gerakan protokol kesehatan dengan menggandeng pemuka Desa, diantaranya Tokoh Agama, Adat, Masyarakat dan tokoh pemuda,"

"Tujuan tentunya kita tidak menginginkan angka Covid-19 naik tajam secara drastis, untuk itu mari ajak saudara saudara kita yang masih enggan, agar mematuhi protokol kesehatan, 5 M" tegas Letkol Oke.  

Pemakaman turut dihadiri sekaligus diawasi oleh Muspika setempat diantaranya,  Danramil 16/bds Kapten Inf Ronny Mahendra, Kapolsek Banda Sakti Iptu Arifin Ahmad, S. sos, Kepala Puskesmas Banda Sakti Afrizal, Babinsa dan Babinkamtibmas, Imam Gampoeng tgk Tajuddin, dan Pihak keluarga almarhum.
KOMENTAR