Danrem 011/LW Apresiasi BI Perwakilan Lhokseumawe dan BNNK Lhoksemawe Cipta Gampong Tangguh Cegah Narkoba

author photoRedaksi
6 Apr 2021 - 08:06 WIB

LHOKSEUMAWE – Komandan Korem (danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengapresiasi langkah Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe dan BNNK Lhokseumawe dalam mencegah peredaran Narkoba.

Hal itu dikatakan Danrem pada saat menghadiri acara pembentukan Gampong Tangguh Mon Geudong Bersinar, Mandiri dan Berakhlak Mulia, di Gampong Mongeudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe Senin (5/4/2021).

Launching perdana Gampong Tangguh dan Program budidaya ikan lele sistem bioflok kepada kelompok usaha Pemuda Gampong Mongeudong (PGM) Bersinar merupakan sinergitas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Lhokseumawe dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe serta didukung Pemerintahan Kota Lhokseumawe, TNI dan Polri.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Brigjen Pol Heru Pranoto mengatakan, berdasarkan hasil penelitian tahun 2019 antara BNN RI dengan LIPI, Provinsi Aceh menduduki nomor urut 6 dalam prevalensi penyalahgunaan narkoba, dan kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

"Kota Lhokseumawe, khususnya Desa Mon Geudong berdasarkan data yang ada, merupakan salah satu desa yang kerap terjadi penyalahan dan peredaran gelap narkotika", katanya.

Untuk  itu, dalam merubah citra negatif, maka digelar program Mon Geudong Bersinar, Tangguh, Mandiri dan Berakhlak Mulia, betujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

"ini program kerja sama Pemerintah Kota Lhokseumawe dan BI Lhokseumawe serta unsur TNI, Polri dengan program gampong tangguh. salah satu program untuk mencegah dan membangun kesadaran masyarakat di sini agar menjadi masyarakat yang berkualitas dari segi akhlaknya, dan mempunyai kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kemudian hasilnya dapat dirasakan sebagai pendapatan dalam menambah perekonomian". ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Yukon Afrinaldo mengatakan, Ia sangat mendukung untuk menciptakan gampong tangguh, pihak BI melalui program bantuan ini membagikan 60 ribu bibit ikan lele sistem bioflok yang nantinya dapat dibudidayakan oleh pemuda Desa Mon Geudong.

Yukon Afrinaldo mengharapkan, berhasil atau tidaknya bantuan ini dalam program gampong tangguh tentunya tergantung dari kelompok Usaha PGM Bersinar. "Ya apabila program ini nantinya berhasil akan memberikan hasil panen cukup bagus dan ini nantinya dapat terus diberkembang, kami pihak BI selalu siap untuk membantu", pungkasnya.

Diakhir acara, Selain Brigjen Pol Heru Pranoto, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Kepala Kantor BI Perwakilan Lhokseumawe Yukon Afrinaldo, beserta fokompinda lainnya melakukan tabur bibit ikan lele secara simbolis.
KOMENTAR