TNI Bantu Kelancaran Lalu Lintas di lokasi Tanah Longsor Lintas Bireuen-Takengon

author photoRedaksi
29 Mar 2021 - 08:11 WIB

REDELOG -  Jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Bireuen dengan Aceh Tengah tidak dapat dilalui akibat tanah longsor dari dinding perbukitan yang menimbun badan jalan sehingga menghambat arus lalulintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Peristiwa bencana alam ini terjadi pada hari Minggu sore (28/3/2021) pukul 16.30 WIB. Hal itu disebabkan wilayah Kabupaten Bener Meriah dan sekitarnya mengalami hujan dengan intensitas yg cukup tinggi dari pukul 15.30 Wib sampai dengan 18.30 Wib dan telah terjadi sejak beberapa hari kemarin akibat musim pancaroba , terutama di kawasan jalan lintas Bireuen - Takengon Kampung Gegerung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah.

Akibat dari hujan ini, tebing sebelah kiri badan jalan tidak sanggup menahan debit air hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan terjadinya tanah longsor material menutupi bandan jalan, sekitar sepanjang 10 Meter dengan ketebalan sekitar 50 CM, sehingga dapat membahayakan pengguna jalan, kata Danramil Wih Pesam.

Pasca terjadinya bencana tersebut, personel Babinsa TNI Koramil Wih Pesam Kodim 0119/ BM dengan pimpinan kapten inf trimo, bersama kepolisian dan BPBD Bener Meriah serta masyarakat sekitar berupaya melakukan pembersihan material tanah longsor secara manual, menggunakan cangkul dan alat lainnya, menyingkirkan material tanah longsor yang menutupi badan jalan agar dapat dilalui pengendara bermotor.
KOMENTAR