Kasrem 011/LW Bersama Bupati Letakan Batu Pertama Pembangunan RLH TMMD Kodim 0111/Bireuen

author photoM. Sulaiman
2 Mar 2021 - 20:10 WIB

BIREUEN- Kasrem 011/Lilawangsa, Letkol Czi M. Ridha Has, ST.,MT bersama Bupati Bireuen. Dr H Muzakkar A Gani. SH, M.Si, usai membuka Pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler Ke-011 TA. 2021 Kodim 0111/Bireuen, turun langsung kelokasi, serta melakukan peletakan Batu Pertama pembangunan satu unit rumah layak huni di Desa Alue Limeng kecamatan Jeumpa, Selasa 2 Maret 2021.

Satu unit rumah layak huni tipe 36 yang dibangun melalui program TMMD Reguler Ke-011 Tahun 2021 Kodim 0111/Bireuen. Milik Mulyadi (34) salah satu Warga Miskin yang sehari hari menjadi buruh tani, di Dusun Likot Apui Desa Alue Limeng Kecamatan Keumpa Kabupaten Bireuen.

Masih dilokasi. Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi kepada TheAtjehNet. Mengatakan Pembangunan rumah layak huni milik Mulyadi Warga Alue Limeng, yang merupakan bantuan Kodim 0111/Bireuen, dengan adanya program TMMD Reguler Ke-011 ini, semoga sangat bermanfaat bagi penerimanya, berterimakasih lah kepada Dandim Bireuen dan jajarannya.

Sementara itu dari Anggaran resmi Pemerintah, kita belum dibolehkan untuk membangun rumah baru, atau rumah dhuafa, itu sesuai aturan baru" kita hanya diberikan Anggaran merehab rumah, sementara tahun ini hanya ada 60 unit, di Dinas Terkait, itu nanti akan dipilih, rumah yang layak, untuk satu rumah rehab dianggarkan Rp20 juta kata Bupati Bireuen.

" Diantara lain juga masih ada peluang untuk membangun rumah, tapi rumah korban bencana, misalnya seperti rumah terbakar dan juga rumah dipinggir sungai yang sudah roboh," sebutnya.

"Lanjut Bupati Bireuen Muzakkar A Gani, sementara begitu juga dengan Dana Desa Pemkab Bireuen, telah pernah mengeluarkan peraturan Bupati, untuk TA 2021 ini, di Desa tidak dibolehkan Bangun rumah baru, cuma untuk rumah rehab, dengan biaya Rp15 s/d Rp 20 juta, disebabkan masih harus fokus BLT dan Penanganan Covid-19, "Tegas Bupati Muzakkar.

Mulyadi sangat terharu, mendapatkan rumah bantuan dari TNI itu karena rumah sederhana yang ditinggali bersama istri Rahmi (22), dan anaknya baru berusia 25 hari Muhammad Riski, dinilai tidak layak huni lagi. "Saya berterimakasih diberikan bantuan rumah oleh TNI," Ucap dengan nada rasa terharu,

Disamping itu dikatakan Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe S.Sos, usai bersama Bupati dan Kasrem 011/LW dan pejabat terkait lainnya pada peletakkan batu permata rumah layak huni dilokasi, kepada Wartawan menjelaskan. Rumah Mulyadi dipilih sebagai sasaran pembangunan rumah layak huni melalui program TMMD Ke 011, dikarenakan kondisi rumah Mulyadi, sudah sangat tidak layak huni sehingga kita membangun rumah semi permanen tipe 36."Sebut Dandim Bireuen.

Sementara itu untuk Pembangunan rumah layak huni, yang ditarget selesai dua minggu ke depan, ini merupakan kegiatan tambahan sasaran fisik TMMD dan setelah ini kita upayakan ada kegiatan tambahan seperti untuk pemberdayaan ekonomi Masyarakat, seperti kandang beternak ayam.

Dandim Bireuen sangat terharu, kerena dapat membantu dan membagun rumah  warga Miskin, bantuan rumah ini merupakan niat tulus Kodim 0111/Bireuen, yang dikerjakan secara suka rela oleh Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan memiliki keahlian bidang teknis pertukangan, "Terang Dandim Letkol Inf Zainal Abidin Rambe.(MS)
KOMENTAR