Dikira Sosialisasi P4GN, Ratusan TNI Kodim 0106/Ateng Terjaring Tes Urine

author photoRedaksi
3 Feb 2021 - 13:43 WIB

TAKENGON - Satuan Kodim 0106/Aceh Tengah tidak menyangka, acara sosialisasi dan uji petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) oleh Tim Sinteldam IM berakhir mendadak, ratusan TNI terjaring untuk dilakukan tes urine.

Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan S.Sos mengatakan hal ini dilalukan untuk pencegahan penggunaan narkoba. Jadi tidak hanya dilakukan sosialisasi saja, namun juga dilakukan tes untuk semua anggota di satuan Kodim.

"Test urine ini sebagai upaya pencegahan kepada anggota agar tidak mencoba-coba menggunakan narkoba. Test urine ini akan kita lakukan secara berkala dan sifatnya mendadak. Supaya para prajurit menghindari penggunaan narkoba ini," katanya Dandim usai kegiatan, di Aula Makodim 0106/Aceh Tengah, Kecamatan Lut Tawar, Rabu (3/2/2021).

Sementara itu, Tim Pam yang diketua oleh Pabandya Pam Sinteldam IM Mayor Inf Dede Ferlian S.Sos mengatakan, selain dilaksanakan sosialisasi dan uji petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dilakukan pengambilan urin sebanyak 100 Orang peserta. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada yang positif terkena narkoba.

Namun dari hasil pemeriksaan Tes Urin terhadap prajurit jajaran Kodim 0106/Ateng, mulai pangkat Kapten sampai Pangkat Prada tidak ditemukan anggota yang Positif menggunakan Narkoba, kata Pabandya Pam Sinteldam IM.

Mayor Inf Dede Ferlian menerangkan, sosialisasi/penyuluhan adalah salah satu cara yang tepat guna menjelaskan bahaya Narkoba dan cara mencegahnya agar kita tidak terjebak didalamnya, dengan cara kita wajib mengetahui apa saja jenis obat dan tanamannya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Kodim 0106/Ateng dimana dalam pelaksanaan Cek Urine seluruhnya NEGATIF, Inilah harapan dari Komando Atas dan ini harus dipertahankan karena bagi Prajurit TNI baik pemakai, pengedar, kurir dan bandar Narkoba sangsinya adalah pemecatan."

"Mengonsumsi narkoba sama dengan menghancurkan masa depan, jalani kehidupan di lingkungan dengan baik dan jauhi pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan satuan, bahkan diri sendiri maupun keluarga", ungkapnya.

Kegiatan turut dihadiri diantaranya dari Tim Pam Sinteldam IM Kapten Arh Catur Sopan Permana, Pasi Intel Kodim 0106/Aceh Tengah Kapten Inf Subekti Kcppm, Tim Kesehatan Kodim 0106/Aceh Tengah Pelda Sugiyanto, Anggota Staf Intel Kodam IM, Personel POM IM/5 Takengon dan Anggota Kodim 0106/Ateng.
KOMENTAR