Masyarakat DukungTNI, Peduli Keselamatan Warga Bangun Tanggul Krung Pase

author photoRedaksi
25 Jan 2021 - 07:23 WIB

ACEH UTARA - Tanggul sungai Krung Pase di Desa Mancang, Kecamatan Samudera jebol. Diperbaiki secara manual personel TNI Koramil 06/ Samudera Kodim 0103/Aceh Utara bersama warga masih dilakukan untuk meminimalisir luapan ke wilayah pemukiman penduduk.

Perbaikan secara manual dengan menggunakan ratusan karung tanah, pemasangan Sandbag kerangka kawat, dan pipa dimulai pada Puluk 08.00 Wib, Minggu (24/01/202).

Komandan Kodim (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto melalui Danramil 06/Samudera Kapten Inf Mulyanto mengatakan, pemasangan Sandbag secara manual dilakukan Babinsa dan warga dengan Gotong royong bersama, katanya.

"Pekerjaannya manual, ada sekitar 300 karung berisi tanah, Alhamdulillah ada perhatian dari pimpinan Korem, Kodim dan masyarakat ada yang menyumbang, kemudian karung tanah disusun di bibir tanggul yang ambruk sebagai penanganan awal, pekerjaannya pun cepat selesai berbaur TNI dan warga, tadi Pukul 12.00 Wib sudah selesai semua", terang Danramil.

"Tentunya nanti akan berkordinasi dengan dinas terkait untuk mengatasi tanggul jebol, masyarakat dinisi merasa resah, selain seringnya terjadi banjir akibat curah hujan hingga merendam rumah warga, selain itu, kerugian dialami masyarakat akibat tanggul jebol dapat mengancam lahan pertanian padi", terang Danramil 06/Samudera Pase.

Menurut Kapten Inf Mulyanto, diketahui mayoritas mata pencarian warga Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara adalah bertani sawah. Apabila tanggul jebol dan tidak teratasi maka akan mengancam pertanian di Wilayah tersebut.

Kegiatan gotong royong perbaikan tanggul turut dihadiri dan diikuti antara lain, Geucik Desa Nancang Abdulgani, Tokoh Masyarakat setempat H.Sofian, dan Muhammad Ayi serta personel TNI Babinsa bersama puluhan warga Kecamatan Samudera.
KOMENTAR