Abrasi Ancam Pemukiman Aceh Utara, TNI dan Warga Perbaiki Tanggul

author photoRedaksi
23 Jan 2021 - 16:52 WIB

ACEH UTARA - Jebolnya tanggul sungai beberapa wajtu lalu telah mengakibatkan banjir yang merendam pemukiman penduduk di 23 Kecamatan, Wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Diantaranya tanggul sungai, di Desa Plu Pakam, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

Guna mengantisipasi ancaman banjir yang masih mengintai selama beberapa bulan kedepan, Danrem 011/Lilawangsa, Kol Inf Baskoro, memerintahkan prajuritnya, personel TNI Koramil 10/Tanah Luas Kodim 0103/Aceh Utara untuk mengajak masyarakat, bergotong royong membangun/memperbaiki tanggul-tanggul yang rusak akibat diterjang aliran sungai yang sangat deras pada bulan lalu.

Perbaikan tanggul penahan arus sungai, dengan memasang Bronjong kawat yang diisi batu dan Karung pasir, bantuan dari BWS (Badan Wilayah Sungai) I Sumatera melalui Korem 011/Lilawangsa, yang dipimpin oleh Kasiops Korem 011/LW Mayor Inf Andri Sagita Putra bersama prajurit TNI dan warga sudah berlangsung selama tiga hari hingga saat ini, Sabtu (23/01/2021).

Ditargetkan, perbaikan tanggul ini dapat diselesaikan dalam satu minggu kedepan, dengan bergotong royong bersama TNI dan Masyarakat setempat, ungkapnya.

"Alhamdulillah, kepedulian masyarakat setempat tinggi untuk turut serta bergotong royong dalam perbaikan ini, mudah-mudahan juga dalam menjaga lingkungan dan melestarikan alam sekitar. Juga peran pemerintah daerah, melalui Dinas PUPR Kabupaten dan BPBD Aceh Utara dalam mendukung kegiatan sosial kemanusian yang saat ini berlangsung", pungkas Danrem.
KOMENTAR