Lilawangsa Produktif, Kisah TNI Produktif Bersama Warga Kini Miliki 70 Kerambah

author photoRedaksi
18 Des 2020 - 09:33 WIB

ACEH UTARA - Seorang Babinsa Koramil 29/Langkahan mampu memanfaatkan lahan yang ada seperti aliran sungai menjadikan sumber pendapatan penghasilan ekonomi keluarga yang menjanjikan.

Syamsudin merupakan seorang prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa, di Koramil 29/Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Ide cemerlang itu Ia tularkan kepada warga yang belum memiliki pekerjaan di Desa tempat bertugas, mengajak membuat usaha mandiri yaitu budidaya ikan, katanya.

"Berawal Ide cemerlang itu, sembari melintasi di kawasan Desa tempat saya bertugas, saya melihat sungai yang ditumbuhi rerumputan semak belukar. Kemudian saya berhenti memperhatikan memandang kearah sungai, Tiba-tiba timbul Ide untuk membuat budidaya ikan".

"Teringat pada saat akan pindah ke satuan Kodim, saya bersaman rekan-rekan sebelum masuk ke satuan Kodim, kami terlebih dahulu diberikan pembekalan di Korem 011/LW. Berbagai materi yang disampaikan, salah satunya usaha budidaya ikan dan ternak Ayam", ungkapnya.

Serda Syamsudin mengatakan, saat ini, Ia bersama 30 Orang warga binaan Koramil 29/Langkahan telah memiliki sebanyak 70 Kerambah dan 20 Bioflok yang sudah terisi ikan, diantaranya, Ikan Patin sebanyak 12000 ekor, Ikan Nila 50000 ekor, dan 15.000 3kor Ikan Lele.

"Ia mengungkapkan, bahwa untuk pakan perharinya menyediakan sebanyak 20kg untuk ikan Patin, 30kg untuk ikan Nila, dan 10 kg untuk pakan ikan Lele", jelasnya.

Serda Syamsudin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pangdam Iskandar Muda dan Danrem 011/Lilawangsa yang telah membantu baik bibit maupun pakan ikan kepada kami disini, katanya.

Kegiatan ini dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, khususnya warga yang belum memiliki perkerjaan dalam meningkatkan perekonomian pendapatan keluarga melalui usaha mandiri.

Sementara itu, Abdullah (37) warga Desa Tanjong Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara mengungkapkan, besar harapan adanya perhatian maupun dukungan dari pemerintah daerah setempat dalam kegiatan yang telah digerakan TNI, khususnya Babinsa Langkahan dalam membantu pendapatan masyarakat, ungkapnya.
KOMENTAR