Amankan Misa, Tim Jibom Brimob Aceh Sterilisasi Gereja di Lhokseumawe

author photoM. Sulaiman
31 Des 2020 - 23:04 WIB

LHOKSEUMAWE-Memastikan keamanan menjelang pelaksanaan Misa penutupan akhir Tahun 2020 dan menjelang tahun baru 2021 oleh umat Nasrani Tim Jibom Brimob Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Aceh dibawah pimpinan Wadanki 1 Batalyon B Pelopor Ipda. Asep Muliadi, S.H, sejak Sore sampai malam  (31/12/ 2020) melakukan pengamanan gereja.

Adapun melaksanakan sterilisasi di area Gereja, baik di dalam ruangan maupun di halaman Gereja yang ada di Kota Lhokseumawe.

Gereja yang ada di Lhokseumawe tidak luput di sterilisasi diantaranya Gereja HKBP, Gereja Methodis Indonesia yang berlokasi di Desa Pusong dan Gereja St.Mikael di Kota Lhokseumawe.

Komandan Batalyon B Pelopor AKBP. Ahmad Yani melalui Komandan Kompi 1 B Pelopor Iptu. Muhammad Nafis Luthfy, S.H mengatakan "Sterilisasi untuk memastikan keamanan gereja sehingga saat pelaksaanaan akhir tahun 2020 berjalan dengan lancar dan aman. 

Sterilisasi meliputi benda-benda berbahaya yang berpotensi mengandung bahan peledak. Untuk proses sterilisasi, petugas dilengkapi dengan alat deteksi khusus meliputi metal detector, hand mirror detector serta senter."

Untuk objek sterilisasi dalam gereja mulai dari pintu masuk, tempat duduk jemaat, altar dan ruang-ruang lain. Untuk yang di luar gereja, di antaranya di sudut-sudut bangunan dan beberapa tempat yang digunakan untuk aksesoris Natal termasuk taman.

"Dari hasil pengecekan, tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan. Gereja dalam keadaan steril, aman, sehingga sudah siap untuk melaksana kan Misa pada malam menjelang akhir tahu 2020 di gereja yang ada di Lhokseumawe ini,"

Iptu.Nafis menjelaskan, setelah steril, Gereja dijaga secara ketat yang terdiri dari TNI dari Kodim 0103 dan Polres Lhokseumawe, saat berlangsung misa pengamanan dilakukan di pintu masuk, di dalam gereja maupun di sekitar gereja. Untuk tim patroli dari Brimob, sesuai prosedur pengamanan tetap melaksanakan patroli untuk memastikan keamanan di Kota Lhokseumawe.

Menurut Iptu. Nafis di samping memprioritaskan keamanan, pihaknya  juga telah mengingatkan agar tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebihan dan menghindari berkumpul sehingga menimbulkan kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat sekarang masih masih masa pandemi Covid-19.(Red)
KOMENTAR