Sekda Aceh Ajak Seluruh Kabupaten/Kota Sukseskan Gencar

BANDA ACEH – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, mengajak seluruh pemangku kebijakan di Aceh, untuk mensukseskan Gerakan Nakes Aceh Cegah Covid-19 atau disingkat Gencar. Gerakan yang bertujuan untuk mendeteksi, memantau kasus serta bergejala Covid-19 ini, diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56, Selasa (20/10/2020).

"Mari kita sukseskan gerakan ini, sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Aceh," ujar Taqwallah.

peluncuran Gerakan Nakes Aceh Cegah Covid-19, dilakukan via konferensi video dan diikuti oleh seluruh Bupati/Wali Kota, Dinas Kesehatan kabupaten/Kota dan RSUD se-Aceh, di Ruang Rapat Sekda Aceh.

Dalam pemaparan singkatnya, Sekda juga mensosialisasikan 7 aktivitas Gencar, yaitu pencatatan/pelacakan oleh para tenaga kesehatan, isolasi mandiri di rumah atau fasilitas khusus, pemantauan harian warga yang diisolasi, peduli warga yang diisolasi dengan memberikan kebutuhan logistik, antisipasi hoax terkait covid-19, penyediaan informasi resmi dan selalu mengingatkan penerapan protokol kesehatan secara disiplin.

"Untuk menjalankan 7 aktivitas Gencar ini, semua kita harus bahu membahu bekerjasama dan saling berbagi peran. Tenaga kesehatan harus menemukan dan memantau warga yang bergejala, memberikan konsultasi kepada warga bergejala, serta melakukan pelacakan kontak erat dan berikan konsultasi melalui tele sehat maupun secara langsung," kata Taqwallah.

Untuk itu, sambung Sekda, kepada masyarakat juga perlu kita sosialisasikan untuk turut berperan demi kesuksesan Gencar.

"Masyarakat dapat berperan serta dengan melaporkan diri kepada petugas kesehatan jika mengalami demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, hilang penciuman dan ISPA berat. Ada tiga bagian penting yang akan berperan besar bagi suksesnya Gencar. Pertama Tokoh Kunci, yaitu para Kepala Puskesmas dan Dokter Puskesmas. Selanjutnya, para bidan dan pejabat desa sebagai Ujung Tombak. Dan, para Ibu Rumah Tangga," imbuh Sekda.

Peluncuran Gencar ditandai dengan penyerahan Buku Panduan Gencar, oleh Sekda Aceh kepada Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif.[]


ket foto :
Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, meluncurkan Gerakan Nakes Aceh Cegah Covid-19, via konferensi video yang diikuti oleh seluruh Bupati/Wali Kota, Dinas Kesehatan kabupaten/Kota dan RSUD se-Aceh, di Ruang Rapat Sekda Aceh, Banda Aceh, Selasa (20/10/2020).
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru