Polresta Banda Aceh Gelar Simulasi Sispam Kota dan Sispam Markas

author photoRedaksi
26 Okt 2020 - 21:46 WIB

BANDA ACEH - Personel Polresta Banda Aceh menggelar Simulasi Kota dan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako), yang dipusatkan di halaman Mapolresta, Senin (26/10/2020).

Simulasi yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH didampingi oleh Wakapolresta AKBP Satya Yudha Prakasa, SIK serta diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira dan seluruh Personel Polresta Banda Aceh.

Kapolres menjelaskan, Simulasi Alarm Stelling dan Sispam Mako ini bertujuan untuk melatih kesiapan Personel Polresta dalam mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman keamanan baik diluar maupun di dalam markas terkait pascakejadian pengukuran tapal batas yang tidak diterima oleh salah satu pihak tertentu beberapa waktu lalu.

Dalam simulasi tersebut, para personel dari semua satuan yang ada di Polresta Banda Aceh dilatih agar siap berbuat apa dan di mana posisinya, sesuai dengan titik-titik penempatan yang sudah ditentukan.

"Setelah alarm berbunyi, seluruh personel harus segera bergerak cepat menempati check point yang telah ditentukan dan anggota betul-betul mengetahui posisi dan apa yang harus dilakukan," detail Kapolresta.

Masih dikatakan orang nomor satu di Polresta Banda Aceh itu, dirinya mengingatkan kepada semua anggotanya, sebagai personel Polri, setiap individu harus memiliki kesiapan dan kesiagaan prima dalam semua kondisi.

"Kegiatan ini harus dilakukan agar setiap anggota tetap siap siaga, paling tidak ketika terjadi sesuatu hal yang bersifat darurat mereka sudah mengetahui ploting masing-masing." tukasnya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kabag Ops Polresta Kompol Juli Effendi, SE, M.Si, simulasi Sispam Mako dan Sispam Kota yang dilaksanakan ini, merupakan gambaran situasi ketika suatu saat terjadinya keributan atau serangan tiba-tiba terhadap Mako maupun Asrama oleh Orang Tidak Dikenal (OTK).

"Tujuannya agar setiap personel memahami kondisi Mako dan Standar Operasi Prosedur (SOP) tentang pengamanannya," pungkasnya.
KOMENTAR