PMI Pusat Apresiasi Pemerintah Aceh

author photoRedaksi
9 Okt 2020 - 15:06 WIB

BANDA ACEH - Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Sudirman Said, mengapresiasi Pemerintah Aceh atas upayanya mendorong dan membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI, dengan cara mencetus gerakan donor darah ASN.

Selain karena mendulang jumlah kantong darah yang banyak, Sudirman juga mengaku kagum dengan sisi lain dari keberhasilan gerakan tersebut, yakni berhasil melahirkan 599 orang pendonor pemula.

"Kami ingin mengapresiasi, dengan dorongan Pemda PMI berhasil mendapat 599 orang pendonor pemula,"kata Sudirman saat bersilaturahmi dengan Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, dan jajarannya, di Kantor Gubernur Aceh, Jumat, (9/10).

Dalam kesempatan itu, Sudirman juga mengungkapkan tujuan kedatangan pihaknya ke Aceh. Kehadiran mereka ke Aceh bertujuan untuk mengunjungi dan melihat situasi PMI di Aceh dan juga ingin menyegarkan kepengurusan organisasi PMI Provinsi Aceh.

"Sudah kita putuskan, kepengurusan saat ini kita bekukan sementara, dan akan dibentuk ulang dalam Musprov pada bulan November mendatang,"kata Sudirman.

Selain itu, Sudirman juga berharap Pemerintah Aceh dapat memberikan dukungannya untuk kelancaran dan kesuksesan Musyawarah Provinsi kepengurusan PMI Aceh.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Organisasi PMI Pusat, M. Muas. Ia mengapresiasi Pemerintah Aceh, menurutnya aksi Pemerintah Aceh menampilkan dan mengembangkan peran PMI belum pernah dilakukan oleh pemerintah daerah lainnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, menyatakan, Pemerintah Aceh terus memberikan dukungan untuk PMI. Dukungan untuk PMI juga diberikan pemerintah dalam bentuk pendanaan guna membantu kelancaran pengoperasian kerja PMI.

Taqwallah mengatakan, pada akhir Mei lalu Pemerintah Aceh menggagas gerakan donor darah ASN guna membantu kesulitan PMI yang mengalami kelangkaan pendonor darah selama masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah aksi ini berjalan sukses. Kini donor darah dari ASN Pemerintah Aceh sudah memasuki tahap ketiga. Sampai Rabu kemarin, total terkumpul 5.091 kantong darah,"ujar Taqwallah.

Taqwallah menyebutkan, aksi tersebut berhasil menggerakkan ASN untuk menyumbangkan darahnya guna membantu sesama. Bahkan aksi tersebut berhasil juga melahirkan pendonor baru yang sebelumnya belum pernah sama sekali mendonor.

"Ada 599 orang ASN yang baru pertama sekali mendonor, Alhamdulillah gerakan ini berhasil membuat teman-teman ASN peduli,"kata Taqwallah.

Ikut hadir dalam pertemuan itu Kepala Delegasi Komite Internasional Palang Merah untuk Indonesia dan Timor Leste, Alexandre Faite, Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh, M Jafar, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni, dan Kepala Badang Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh, Mahdi Efendi.
KOMENTAR