Pemerintah Aceh Tetapkan Hari Santri di Bireuen

author photoM. Sulaiman
23 Okt 2020 - 00:30 WIB

BIREUEN- Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang diwakili kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh Usamah El-Madny menetapkan, sekaligus memperingati hari Santri Nasional yang ke-6 di Kabupaten Bireuen pada Kamis 22 Oktober 2020 pagi

Penetapkan dan Memperingati Hari Santri Nasional yang ke-6 di Bireuen berlangsung hidmat dan sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Hari Santri Nasional (HSN) 2020 yang telah di tetapkan jatuh pada setiap tanggal 22 Oktober, acara yang dipusatkan di halaman Kantor Pemerintahan Kabupaten Bireuen,

Pada acara tersebut, Bupati Bireuen, Dr. Muzakkar A Gani, SH., M. Si, menjadi inspektur upacara peringatan HSN saat membacakan pidato Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyebutkan beberapa hal terkait harapannya terhadap santri dalam memperkuat pelaksanaan Syariat Islam melalui bidang pendidikan di Provinsi Aceh. 

Bupati Muzakkar turut menyampaikan bahwasanya santri harus mengambil peran aktif dalam membangun kesadaran masyarakat melalui ide-ide dan pemikiran-pemikiran 'ala thariqat Ahlul Sunnah wal jama'ah baik dalam akidah, ibadah, akhlak, maupun muamalah. 

Selain itu para santri dituntut agar dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan pendidikan Islam dan pembangunan sosial kemasyarakatan di Aceh. 

Selanjutnya masalah yang terpenting bagi santri dalam pendidikan dan pengajaran di Dayah adalah membuat santri memiliki sarana dan perlengkapan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dalam rangka mengenal Allah SWT. 

Disamping itu, melalui amanat Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga mengharapkan para santri agar menjadi generasi berkualitas penerus bangsa dan Negara di masa depan.

"Tentu inilah yang kita harapkan, yakni generasi berkualitas yang akan mengambil alih tongkat estafet pembangunan Aceh di segala bidang," harap Plt Gubernur yang di sampaikan Bupati Bireuen Muzakkar A Gani.

Usai acara peringati hari santri Nasional ke-6. Turut di sampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Usamah El-Madny, peringatan HSN di Bireuen mengharapkan agar para santri dapat terus belajar dalam mengasah kemampuan diri. 

"Kita harapkan para santri dapat mempu meningkatkan inteligensi di segala bidang, tidak hanya di bidang agama saja, kita ingin melihat santri mampu bersaing dan menjadi leader di semua bidang sektor," sebut Usman 

Selain itu, Usamah mengajak kepada masyarakat untuk memanjatkan doa agar para alim Ulama pimpinan dayah di seluruh Aceh tetap sehat dan diberi kesehatan, sehingga dapat terus mendidik para santri dalam menggapai Ridha Ilahi.

Sementara itu, Kakanwil Aceh Dr H. Iqbal S. Ag MAg, melalui Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Drs H Maiyusri MA, menyebutkan, Upacara peringati Hari Santri Nasional tahun ini, disaksikan 150 ribu santri baik putra dan putri dari seluruh Provinsi Aceh, melalui aplikasi Zoom," 

Untuk peserta mengikuti kegiatan upacara ini, kata dia, dibatasi sesuai protokol kesehatan. "Maksimal 70 orang, harus diketahui, Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Adapun acara peringati hari santri nasional di halaman pusat kantor pemerintahan Kabupaten Bireuen, turut di hadiri Pokorpinda, Ketua DPRK Bireuen, Bupati Bireuen, Alim Ulama Aceh, para Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Bireuen, para santri dan tamu undangan lainnya.(MS)

KOMENTAR