Meski Pandemi, Pimpinan dan Anggota DPRK Pijay Bimtek ke Medan

author photoKherry Leib
3 Okt 2020 - 10:26 WIB

PIDIE JAYA - Bimbingan Teknis (Bimtek) 23 anggota DPRK Pidie Jaya ke Kota Medan menuai kecaman publik. Pasalnya, mereka melakukan itu di saat tingginya jumlah kasus penyebaran wabah Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) di Pidie Jaya.

Kecaman publik bukan tanpa alasan, lantaran pemerintah pusat hingga daerah telah meminta semua lapisan masyarakat membatasi kegiatannya di luar rumah. Baik sekolah, profesi pekerjaan, bahkan hingga ibadah semua diminta mengerjakan dari rumah masing-masing.

Namun contoh berbeda justru ditampilkan oleh sejumlah anggota DPRK Pidie Jaya. Mereka justru diketahui "Diam-Diam" menggelar Bimtek, di Kota Medan yang masuk dalam kategori zona merah.

Abdul Syakur, Sekwan DPRK setempat membenarkan hal tersebut. "Benar anggota DPRK Bintek selama 5 hari di Medan, berangkat Kamis kemaren", ujarnya dengan singkat, Sabtu (3/10/2020).

Sementara Hasan Basri Wakil Ketua DPRK lewat Salulernya pada media Theatjeh.NET mengatakan dalam rangka bimbingan teknis selama 3 hari yang berlangsung disalah satu Hotel yang ada di Sumatra Utara (Medan).

"Benar, Dewan Bintek selama tiga hari dalam satu tahun 3 kali. Kenapa rupanya, ada masalah," tanya Hasan Basri.

Sementara terkait Sumber dan jumlah anggaran Bimtek yang digelontorkan, Sekwan, wakil Ketua dan para Dewan yang media hubungi memilih diam (Bungkam).

Terkait Bimteknya para Wakil Rakyat di masa Pandemid mendapat beragam tanggapan dari warga salah satunya dari Ketua LSM PuTRa Zikrillah. "Sangat ironis disaat masyarakat sedang berupaya memutuskan penyebaran Virus Corona malah anggota Dewan datang ke daerah Zona merah Covid-19."

Lanjut Zikri, " betapa tidak saat ini Medan dari data yang ada sudah terpapar sebanyak,10531 orang kita mengkhawatirkan hal tersebut akan berdampak untuk Kabupaten Pidie Jaya apabila sekembalinya mereka tidak dirapid tes terlebih dahulu.

Sampai berita ini diturunkan media belum mendapat tanggapan para wakil Rakyat terkait Jumlah dan sumber anggaran untuk Bintek mereka.(KH)
KOMENTAR