Staf Ahli Bupati Bireuen Buka Bimtek ESQ, Berharap Mampu Melahirkan Generasi Emas

author photoM. Sulaiman
17 Sep 2020 - 18:21 WIB

BIREUEN- Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Bireuen, Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Ir Mukhtar, M.Si membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) ESQ bertaraf Nasional, tahap ke tiga, di Banda Aceh, Selasa (16/9) menyebutkan yang mampu mempraktekkan nilai "Tujuh Budi Utama" dapat melahirkan generasi emas.

Bimtek bertaraf nasional gelombang ke tiga diikuti para Tuha Peut dalam tujuh Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen yang terdiri dari Kecamatan Samalanga, Kecamatan Jeunieb, Kecamatan Peudada, Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Juli, dan Kecamatan Kuala.


Para Tuha Peut dari tujuh Kecamatan itu, merupakan yang terakhir mengikuti Bimtek ESQ setelah sebelumnya diikuti oleh para Geuchik yang berasal dari tujuh Kecamatan tersebut.

Dalam acara Peningkatan Aparatur Desa/Gampong melalui Program Training ESQ Character Building "Personal Transpormation Program," Bupati Bireuen dalam amanat tertulis yang dibacakan staf ahlinya, Ir Mukhtar, M.Si menyebutkan untuk menuju reformasi birokrasi yang bersih, kompeten perlu adanya pembinaan, yang bukan hanya meningkatkan fungsi kenerjanya saja, tetapi emosional dan spritual," urainya.

Untuk itu, lanjutnya, perlunya mengenal diri sendiri, dan semua itu bisa kita dapatkan melalui pelatihan ESQ.

ESQ, Sebut Bupati, merupakan penggabungan antara pengendalian kecerdasan, emosi, dan spiritual, dan ESQ berkaitan juga pembangunan modal yang membentuk pribadi manusia yang baik dan masyarakat harus dilatih supaya kecerdasan emosi dan rohani dapat diseimbangkan.

Dikatakan, ESQ Training yang diikuti sekarang ini, merupakan training pengembangan kepribadian, sekaligus training kepemimpinan dengan tujuan membentuk karakter tangguh dan memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), Kecerdasan spiritual (SQ) secaravteritegrasi dan transcendental yang didaya gunakan secara optimal untuk membangun sumber daya manusia.

Dirinya mengharapkan setelah mengikuti training ini, kita dapat menjadi pemimpin yang mampu mempraktekkan,"tujuh budi utama," yakni jujur, tanggungjawab, visioner, disiplin, kerja sama, adil dan peduli. Sehingga lahirlah Generasi Emas," sebut Mantan Wabub Bireuen Ir Mukhtar M.Si, seperti yang tertulis dalam amanat Bupati Bireuen.

Dalam Bimtek kali ini, yang merupakan tahap ketiga dari empat tahap yang direncanakan dilaksanakan di tempat yang sama, tetap berjalan seperti dalam angkatan sebelumnya, karena para trainer, Andry Fallas, pada hari kedua pelaksanaan pada angkatan ketiga ini, tetap mengupas tentang peningkatan kapasitas kepala desa menuju "Aceh Carong" yang merupakan salah satu dari 15 program Pemerintah Aceh.

Lembaga Pelatihan LSQ yang digagas Dr HC Ary Ginanjar itu sendiri merupakan lembaga pelatihan sumber daya manusia yang bertujuan membentuk karakter melalui penggabungan tiga potensi manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang berlaku umum pada manusia.

Seperti dilansir media ini, dalam pelatihan tersebut selama tiga hari, para peserta mengaku tidak bosan atau jenuh dalam mengikuti bimtek kali ini, bahkan peserta sangat bersemangat, mengingat trainernya dalam pemaparan yang tampak lugas, humoris dan agamais, apalagi disertai suara alunan musik yang islami untuk membangunkan suasana peserta.

Sebelumnya para peserta diajak untuk bersenam yang dilanjutkan dengan pelemahan jari-jari tangan untuk mengurangi beban, sebelum mengikuti bimbingan teknis atau pembekalan yang dipaparkan Andry Fallas dari Lembaga ESQ LC. (MS)
KOMENTAR