Viral Awan 'Tsunami' di Meulaboh, ini Penjelasan BMKG

MEULABOH - Video awan seperti ombak yang menggulung di Meulaboh, Aceh, viral. BMKG Aceh memberikan penjelasan.
Dilihat dari video yang beredar, Senin (10/8/2020), awan tersebut seperti ombak besar. Ada bagian awan yang terlihat menghitam dan ada yang putih.

Awan tersebut seperti ombak menggulung yang memanjang di langit. Menurut BMKG, fenomena ini dikenal sebagai awan Arcus atau awan tsunami.

"Awan berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami," kata Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria.

Awan seperti itu, katanya, merupakan bagian dari awan kumulonimbus. Dia mengatakan awan ini bisa menimbulkan angin kencang hingga hujan es.

"Saya terima informasi begitu (di Meulaboh). Awan ini merupakan bagian dari awan CB (kumulonimbus). Awan ini merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level (single level). Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es," sebut Zakaria.

Selain itu, awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit. Dia mengimbau warga agar tak berada di lokasi terbuka jika melihat awan tersebut.

"Imbauannya, bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat," sebut Zakaria. [dtk]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru