Makam Abu Ibrahim Wayla dipadati Pengunjung

author photoKherry Leib
3 Agu 2020 - 13:57 WIB


ACEH BARAT - Hari hari besar Islam  hari Raya, Idul Fitri dan Idul Adha Makam Ulama kharismatik Aceh Abu Ibrahim Wayla yang terletak di Gampong Pasie Aceh, Kecamatan Wayla Induk, Kabupaten Aceh Barat banyak dikunjungi penjiarah baik dari penduduk setempat juga dari Darah lain, Senin (3/8/2020).

Fadlon Bin Ismail (37) penjaga Makam (Makrom) Abu Ibrahim pada saat media mengunjungi makam tersebut mengatakan penjiarah biasanya rame pada hari kedua sampai hari ke lima lebaran sementara hari - hari biasa tidak banyak.

"Penjiarah biasa datang pada hari kedua sapai hari kelima ada yang menunaikan hajatnya,ada yang sekedar berjiarah dan ada juga yang datang untuk mengadakan khenduri", ujarnya yang sudah beberapa tahun menetap di tempat tersebut.

Sementara menurut  Hayaton Anak kedua dari Almalhum Abu Ibrahim yang menemani para penjiarah mengatakan para tamu yang datang bukan saja dari seputaran Aceh Barat dari seluruh Aceh Bahkan dari Malasia ada yang datang.

"Tamu yang datang dari seluruh Aceh  dari Malaya, masyarakat umum , pejabat mereka datang tuh tunai hajat(peuleuh Kaoie)" ujar Ummi panggilan akrabnya.

Sebagaimana menurut informasi  Almalhum Abu Ibrahim Bin Tgk Sulaiman Bin Tgk Husen lahir pada tahun  1919 M, di Gampong Pasie Aceh wafat pada 18 Juni 2009 ditempat kelahirannya.

Pernah menempuh pendidikan di Sekolah Rakyat (SR) mondok di Dayah (Pasantren ) Salafi selama 25 tahun, pernah belajar pada Syeikh Mahmud Ulama Asal Aceh Besar selama 12 tahun lamanya.

Makam Abu Ibrahim sebelumya hanya seperti Kuburan biasa Tanpa ada tanda khusus. Allhamdullilah Dengan Rahmat Allah atas berkat sedekah, sumbangan dari masyarakat dan penjiarah sudah dibuat bangunan sederhana dengan ciri khas Masjid sementara makannya terletak didalam bangunan tersebut. (KH)
KOMENTAR