Kobaran Api Cot Setui Pidie Jaya Akibat Terbakarnya Rantingan Kayu di Bekas Lahan HGU

author photoKherry Leib
12 Agu 2020 - 20:30 WIB

PIDIE JAYA - Kobaran api membumbung tinggi disertai asap tebal yang terjadi pada Pukul 22.30 WIB Rabu 11/8/20 akibat dari pembakaran Rantingan kayu oleh warga setempat di lahan terlantar bekas Hak Guna Usaha (HGU) di Gampong Cot Setui Ulim Pidie Jaya yang sudah mulai dibersihkan.

Sebelumnya lahan tersebut sudah lama terbengkalai jadi bukan terbakar lahan atau perkebunan berhektar - hektar seperti berita yang beredar beberapa jam lalu.

Hal tersebut disampaikan Kasat Intelkam pada media melalui handponenya.

Kapolres Pidie Jaya, AKBP Musbagh Ni'am, SAg, SH MM melalui kasat Intelkam Ipda. Mawardi mengatakan lahan bekas HGU seluas 30 hektar sudah lama terlantar dalam beberapa hari  mulai dibersihkan oleh warga setempat dari pembersihan tersebut semua Rantingan kayu dikumpulkan sebanyak 15 titik  dari titik - titik itulah terjadi api hingga membesar seperti kebakaran hutan padahal yang dibakar hanya Rantingan kayu.

Sementara menurut Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Okta Handipa lewat Salulernya menjelaskan tidak ada kebakaran lahan seluas  yang diberitakan yang terbakar hanya tumpukan Rantingan kayu.

"Tidak ada kebakaran lahan  semalam informasi tersebut yang menyebutkan ada kebakaran lahan seluas 50 Hektar, kemungkinan warga setempat mengira yang saya tanyakan berapa luas lahannya maka disebutkan 50 hektar, dari informasi warga itulah kemudian saya menyampaikan pada awak media. Hal ini tidak ada unsur kesengajaan murni karena kesalahan informasi saja," jelasnya.

Lanjutnya, dalam hal ini kita meluruskan tidak ada kebakaran lahan yang ada cuma pembakaran Rantingan kayu dilahan bekas HGU. (KH)
KOMENTAR