Dekan FP Unsyiah Buka Webinar Inovasi Sosial Menghadapi Covid-19

BANDA ACEH-Lembaga Kajian Pembangunan Pertanian dan Lingkungan (LKPPL) menggelar kegiatan webinar nasional sehari tentang inovasi sosial dalam pemberdayaan masyarakat menghadapi krisis covid19 Rabu 26 Agustus 2020.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Raida Agustina, S.TP.,M.Sc kegiatan ini dilaksanakan melalui kerjasama antara LKPPL dengan Pertamina EP yang turut didukung oleh Politeknik Aceh Selatan, Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh, Prodi Teknik Pertanian Unsyiah dan Pusmeptan Unsyiah. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun informasi sekaligus menjadi ajang sosialisasi terkait berbagai hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan baik oleh institusi penyelenggara, para aktivis, akademisi, dan praktisi dalam  mencegah dan menangani pandemi covid19. 

Kegiatan yang diikuti oleh 150 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi dan daerah di Indonesia tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. Dalam sambutan Samadi sangat mengapresiasi kegiatan ini,

menurutnya kegiatan ini mampu mewadahi para peneliti dan pengabdi untuk mensosialisasikan atau mempublikasikan hasil karyanya terkait inovasi sosial penanganan covid19. 

Hadir sebagai keynote speaker Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng yang dalam pemaparannya menyampai kan sejumlah gagasan dan capaian yang telah dilakukan Unsyiah selama musim pandemi. Dalam kesempatan ini juga oleh panitia menganugerahkan Inovasi Teknologi Award 2020 kepada Samsul untuk kategori Pemimpin Peduli Covid atas dedikasi yang diberikannya dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid19. 

Dalam sesi invited speaker turut hadir Dr. Syaifullah Muhammad, ST., M.Eng (Ketua Atsiri Research Center Unsyiah), Dr. rer. hort. Indera Sakti Nasution (Ketua Prodi Teknik Pertanian Unsyiah), Hardisal,ST., M.Kom (Wadir II Politeknik Aceh Selatan), dan Rosa Mardiana, ST.,MT (Direktur Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh).

Dari pihak Pertamina EP hadir Cholid (Vice President Legal and Relation), Hermansyah Y. Nasroen (Public Relation Manager) dan seluruh field manager. Bagi Pertamina EP kegiatan ini menjadi sarana sosialisasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan sejak setahun terakhir. 

Menurut Ketua LKPPL, Dr. Muhammad Yasar, S.TP, M.Sc, kegiatan pertemuan ilmiah ini merupakan annual program yang diselenggarakan setiap setahun sekali.

Dan alhamdulillah selalu mendapat support dari pihak Pertamina EP. Tahun ini merupakan kali keempat sejak tahun 2017. Cuma dalam pelaksanaan kegiatan tahun ini agak sedikit berbeda, disamping bertemakan isu covid19, bentuk penyelenggaraan kegiatannyapun harus mengikuti protokol kesehatan yakni secara virtual atau daring. Hal ini tentu untuk menjaga jarak dalam rangka pencegahan penularan virus corona.

Disamping melakukan webinar, kegiatan ini juga turut memberikan penghargaan berupa inovasi teknologi award 2020 kepada sejumlah anak bangsa atas karya-karya nyatanya yang didedikasikan dalam membantu pemerintah dan masyarakat menghadapi covid19.

Sementara itu, Tahun ini untuk kategori Pemimpin Peduli Covid 19 diraih Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, kategori Tokoh Inspiratif Covid19, diraih oleh Rantau Field Manager Pertamina EP, Totok Parfianto dan kategori inovator covid19 diraih dosen Politeknik Aceh Selatan, Herry Setiawan, ST., MT.(Rel)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru