Wabup Fauzi Yusuf Resmikan BUMG Maju Bersama di Lhoksukon

ACEH UTARA - Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf meresmikan unit usaha milik BUMG Maju Bersama berupa toko yang menjual bahan bangunan di kawasan Simpang Cot Girek, Kota Lhoksukon, Senin, 6 Juli 2020.
Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) ini didirikan dengan cara sharing permodalan dari BUMG sebanyak 21 gampong yang ada di Kecamatan Lhoksukon. Untuk tahap awal memulai usaha ekonomi dengan membuka toko bahan bangunan. Bahan bangunan ini dibutuhkan setiap saat, apalagi dengan adanya kegiatan pembangunan infrastruktur gampong dengan dana desa, sehingga dinilai sangat prospek secara ekonomi. 

"Harapan kami BUMG ini harus transparan kepada masyarakat, karena ini modal masyarakat. Berapa keuntungan yang diperoleh dibuat perhitungan secara berkala, dan dipertanggungjawabkan secara transparan kepada masyarakat," pinta Wabup Fauzi Yusuf dalam sambutannya.

Fauzi Yusuf yakin BUMG ini dapat berkembang, apalagi dengan unit usaha yang menjual bahan-bahan bangunan. Jika ada 21 gampong yang semuanya membeli barang ke toko tersebut, diyakini BUMG akan lebih cepat tumbuh karena adanya perputaran uang yang cepat. 

Untuk itu, Fauzi meminta pengelolaan BUMG ini harus dijalankan dengan manajemen profesional dan terbuka.
"Ketika ada masalah agar diselesaikan bersama-sama dengan pihak internal. Bicarakan baik-baik dan terbuka, pasti akan ditemukan solusi. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi gampong-gampong yang lain. BUMG bersama ini bisa maju," kata Fauzi.

Pimpinan BUMG Maju Bersama Kecamatan Lhoksukon, M Yunus, mengatakan BUMG ini didirikan atas inisiatif tokoh dan pimpinan gampong dari 21 gampong di Kecamatan Lhoksukon. Dengan adanya gabungan gampong, maka sharing modal tahap awal bisa didapat lebih besar. Sehingga unit usaha yang bisa dijalankan menjadi lebih menjanjikan dan lebih prospek secara ekonomi.

Menurut M Yunus, modal awal BUMG Maju Bersama mencapai Rp.2 miliar. Melalui unit usaha toko bahan bangunan M Yunus yakin BUMG ini akan mampu menggerakkan roda usaha menjadi lebih cepat. Apalagi didukung oleh masyarakat 21 gampong, yang nantinya akan berbelanja bahan bangunan ke BUMG ini.

Peresmian BUMG Maju Bersama Kecamatan Lhoksukon turut dihadiri sejumlah pejabat dari SKPK Kabupaten Aceh Utara, para pejabat Muspika Lhoksukon, tokoh masyarakat, dan aparatur gampong dalam Kecamatan Lhoksukon. 

Prosesi peusijuek dilakukan oleh Waled Muzakir, pimpinan dayah dari Kecamatan Lapang. Pada kesempatan itu turut dilakukan acara penyantunan anak yatim.***
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru