Layanan Penerbangan di Bandara Rembele Kembali Dibuka

author photoRedaksi
21 Jul 2020 - 17:32 WIB

BENER MERIAH - Layanan penerbangan di Bandara Rembele Kabupaten Bener Meriah kini kembali dibuka.

Kasubsi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Rembele Iwan Mulya mengatakan penerbangan di Bandara tersebut kini berangsur normal kembali sejak berhenti beroperasi pada 24 April 2020 akibat pandemi COVID-19.

"Hari ini telah memasuki hari kedua pihak maskapai kembali mengoperasikan penerbangan," kata Iwan Mulya, Selasa, (21/7/2020).

Iwan menuturkan pihak Bandara bersama pihak maskapai penerbangan juga menerapkan protokol kesehatan ketat bagi calon penumpang untuk pencegehan COVID-19.

Diantaranya seperti mewajibkan setiap calon penumpang untuk membawa surat keterangan hasil pemeriksaan rapid test yang menyatakan hasil non reaktif terhadap COVID-19.

Tapi yang memudahkan di sini kata Iwan pihak Bandara sendiri turut menyediakan layanan pemeriksaan rapid test untuk para calon penumpang yang tidak membawanya.

"Bandara Rembele juga menghadirkan fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining awal dan cepat atau rapid test bagi calon penumpang. Jadi masyarakat yang tidak sempat melakukan rapid test diluar, tersedia juga layanan pemeriksaan di Bandara tiap hari-hari penerbangan," sebut Iwan.

Selain itu kata dia standarisasi lainnya seperti kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak fisik, pengecekan suhu tubuh, serta mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, juga tetap diterapkan secara ketat baik bagi para calon penumpang maupun petugas Bandara.

"Kami bersama pihak maskapai serta stakeholder lainnya akan terus berupaya menghadirkan pelayanan penerbangan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19," tuturnya.

Karena itu kata Iwan yang sangat perlu diperhatikan oleh para calon penumpang di masa adaptasi penerbangan saat ini menuju kebiasaan baru adalah untuk hadir lebih awal di Bandara sebelum penerbangan.

Menurutnya pihak maskapai penerbangan saat ini mulai membuka layanan check in penumpang lebih awal atau tiga jam sebelum keberangkatan untuk setiap calon penumpang memperoleh boarding pas. 

"Karena ada banyak prosedur pemeriksaan yang beragam. Mulai dari dokumen terkait COVID-19, pengisian Health Alert Card (HAC), dan pemeriksaan keamanan penerbangan," sebut Iwan.

Sementara untuk jadwal penerbangan di Bandara Rembele saat ini kata Iwan baru hanya melayani tiga kali penerbangan setiap minggunya yakni di setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Rute penerbangan adalah Rembele-Kuala Namu dan sebaliknya menggunakan jasa maskapai Lion Air Group.

"Jadwal penerbangan dari Kuala Namu jam 08.00-09.00 WIB. Sedangkan dari Rembele ke Kuala Namu jam 09.20-10.20 WIB," kata Iwan. (Antara)
KOMENTAR