Korban Kebakaran dan Bencana Alam Terima Bantuan Dari Baitul Mal Bireuen

author photoM. Sulaiman
7 Jul 2020 - 12:14 WIB

BIREUEN- 12 Warga Desa Pulo Ara Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen mendapatkan bantuan dari Baitul Mal,Ke 12 Warga tersebut, adalah pemilik rumah yang terbakar pada jumat malam 20 Maret lalu. Selain korban kebakaran tersebut, korban bencana alam lainnya di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen juga menerima bantuan dari Baitul Mal.

Adapun penyaluran dilakukan dalam silaturahmi para korban kebakaran dengan Bupati Bireuen DR H Muzakkar A Gani SH, M.Si di rumah dinas Bupati Bireuen, Senin 06 Juli 2020 malam. Silaturahmi dihadiri Peutuha Tuha Peut Nurdin Ismehram dan kepala dusun wilayah kebakaran.

Turut mendampingi para korban kebakaran yaitu anggota DPRK Bireuen Zulfikar Apayub dan Jasman Rani yang merupakan warga Desa Pulo Ara Geudong Teungoh. Pertemuan itu berlangsung dalam suasana penuh keakraban.

Bantuan kebakaran bagi 12 pemilik atau penghuni rumah yang musibah kebakaran ini bagian dari bantuan kepada 29 warga yang rumahnya ditimpa musibah kebakaran dan bencana alam di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bireuen pada penyaluran infak tahap I tahun 2020.

Bupati Bireuen Muzakkar A Gani mengatakan tidak ada kewajiban apapun dari para penerima untuk pihak lain atas bantuan dari dana infak itu. Tetapi harus dipahami bahwa semua proses pembayaran kini harus nontunai sesuai dengan aturan.

"Semoga dapat meringankan beban korban kebakaran dengan adanya bantuan ini. Perlu dipahami pula perubahan sistem saat ini Baitul Mal Bireuen tidak dapat lagi membangun rumah," jelas Bupati Bireuen.

Tgk Nasruddin seorang korban kebakaran menyampaikan menyambut baik dan terimakasih para korban kebakaran atas penyaluran bantuan dana bagi warga korban kebakaran tersebut.

"Inilah bentuk kepedulian pemerintah dan bukti adanya kehadiran pemimpin. Warga korban lainnya juga menyampaikan terima kasih atas kemaslahatan yang dilakukan Baitul Mal Bireuen yang sudah melakukan penyaluran bantuan," katanya.

Setelah penyerahan bantuan secara simbolis, Bupati Bireuen turut membantu biaya administrasi pembukaan rekening Bank Aceh bagi korban kebakaran. Pembukaan rekening bank difasilitasi Baitul Mal Kabupaten Bireuen.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Bireuen mengatakan sebelumnya anggota BMK Bireuen melakukan verifikasi faktual terhadap rumah yang ditimpa musibah kebakaran beberapa waktu lalu itu.

Penyerahan bantuan itu dihadiri Ketua BMK Bireuen Tgk Muhammad Hafiq, S.Sy  dan anggota Iskandar, Tgk Luthfi H Sofyan M.Sos, Murdeli SH, Tgk Abdullah Ahmad serta Kepala Sekretariat BMK Bireuen Hamdani S.Ag.(Tim)
KOMENTAR