Camat Gandapura Serahkan BLT-DD Tahap lll Bagi Warga Imbas Covid-19 di Desa Cot Teube

author photoM. Sulaiman
15 Jul 2020 - 20:05 WIB

BIREUEN- Masyarakat Penerima Manfaat bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana Desa Tahap lll tahun anggaran 2020, yang di serahkan langsung secara simbolis oleh Camat Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Mirza Fahmi, S.STP. M. Si, bertempat di kantor Desa setempat rabu 15 juli 2020.

Mutassar, S.Sos selaku Relawan gampong cot teube menyampaikan dalam laporannyan, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) tahap lll pada hari ini, yang di terima sebanyak 34 orang bagi Masyarakat fakir maskin yang terdampak imbas covid-19, sedangkan penyaluran BLT tahap pertama dan tahap ke dua sudah dilakukan pada akhir bulan mei lalu tahun 2020.

Semoga bagi penerima BLT Dana Desa yang merupakan warga fakir miskin, terdampak imbas covid-19 dapat betmanfaat dan dapat mempergunakan dana tersebut sesuai kebutuhan dalam pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19),"sebut Mutassar dalam laporanya.

"Sementara itu Keuchik Gampong Cot Teube Kecamatan Gandapura. Amri, S.Pd yang di dampingi Sektretaris desa M. Husen AR,
menyampaikan dalam sambutannya, bagi Masyarakat fakir miskin yang terdampak imbas covid-19, yang menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa tahap lll, tahun anggaran 2020, diharapkan untuk dapat di pergunakan dengan sebaik baik mungkin, dan sebelumnya BLT tahap pertama dan tahap ke dua sudah kita salurkan sebelumnya kepada penerima bantuan langsung tunai. diharapkan kepada pemerima BLT, untuk dapat di pergunakan sesuai keperluan dan jangan digunakan yang tidak berkempentingan, harus di pergunakan dalam pencegahan penyebaran virus corona,

Harapan Keuchik Desa Cot Teube Amri, kepada Masyarakat penerima manfaat BLT, untuk senantiasa menggunakan dana bantuan langsung tanai tersebut, dalam pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), selalu menjaga kebersihan baik diluar maupun di rumah, jangan lupa selalu mencuci tangan dan memakai masker untuk dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus corona yang sedang mewabah ,"harap keuchik Amri.

Sementara penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, untuk masyarakat fakir miskin yang terdampak dari imbas covid-19 di gampong cot teube kecamatan gandapura kabupaten bireuen, terlebih dulu dilakukan musyawarah bersama, dimana bagi penerima yang layak, sehingga dapat melahirkan keputusan bersama di gampong dalam penyaluran bantuan langsung tunai bagi penerima,"terang Keuchik Amri dalam sambutannya.

Secara langsung Camat Kecamatan Gandapura, Mirza Fahmi, S.STP. M. Si menyampaikan dalam arahanya dihapadan warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana Desa (DD), penyaluran BLT bagi warga fakir miskin yang terdampak imbas covid-19, dilakukan bedasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia, melalui permendesa PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 menjadi permendesa PDTT nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas permendesa PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Adapun inti dari perubahan dimaksud mengatur tentang penggunaan dana desa untuk itu, sebagaimana dimaksut,
Pencegahan dan Penanganan COVID-19, Penegasan Padat Karya Tunai Desa; dan Bantuan Langsung Tunai (BLT- Dana Desa) sementara poin 1 dan 2 telah dijelaskan dalam surat edaran menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 8 tahun 2020 tentang desa tanggap covid-19 dan penegasan padat karya tanai desa serta protokol relawan desa, lawan covid-19, sebagaimana telah diubah dengan surat edaran menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 11 tahun 2020 tetang desa tanggap Covid-19 dan penegasan padat karyat tunai desa tentang perubahan atas surat edaran menteri desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, papar Camat Mirza dihadapan penerima bantuan langsung tunai.

Adapun keputusan bagi penerima BLT, yang telah ditetapkan di Desa Cot teube maupun di desa desa lain, itu suatu keputusan bersama perangkat gampong, relawan, Kepala Desa (Keuchik) Cot Teube bersama Perangkat Desa dapat melakukan keputusan bersama dimana bagi penerima bantuan langsung tunai dapat memenuhi tentang kateria, sehingga dapat prioritas penggunaan dana desa tahun 2020. Dilakukan atas dasar surat edaran menteri desa untuk dapat diperiotaskan bagi penerima imbas covid-19, tegas Camat Mirzal Fahmi.

Disamping itu, Kapolsek Kecamatan Gandapura, melalui Bhabinkamtibmas Bripka M. Nur turut menyampaikan himbouan bagi warga Desa Cot Teube dan sektarnya, untuk berhati hati dengan penipuan yang barbasis onlen baik di media sosial, baru baru ini telah terjadi penipuan lewat medsos di beberapa daerah, yang mengaku sanak familynya, jika ada yang mengaku family lewat medsos maka diharapkan jangan menjadi korban penipuan berukutnya, segera lakukan kroscek dengan nomor family nyan dengan benar, jika ada  terjadi penipuan onlen tersebut di daerah kita segera bagi warga untuk melaporkan kepada kami di wilayah hukum Polsek Gandapura, supaya dapat segera di tindaklanjut penipuan tersebut.

Hati hati meberikan uang tunai dengan ketentuan syarat harus menyetor uang muka terlebih dulu kepada rekning penipuan berbasis onlen tersebut, hati hati penipuan bermodus onlen sedang digencarkan lewat media sosial,"himbou Bripka M. Nur dihadapan Masyarakat dan muspika plus kecamatan Gandapura.

Hadir pada penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa Gampong Cot teube Kecamatan Gandapura diantaranya, Camat Gandapura, Mirzal Fahmi, S.STP. M. Si, Kasubag Umum dan kepegawaian Gandapura Iswadi, S. Sos, Keuchik Desa Cot Teube. Amri, S.Pd, Sektretaris desa M. Husen AR Relawan Desa Mutassar, S.Sos, tuha peut tuhan lapan serta perangkat Gampong, selainnya, selain itu turut hadir Kapolsek Gandapura Melalui Kanit SPKT, Bripka Syah Putra, Bhabinkamtibmas
Bripka M. Nur ,Koramil Gandapura malalui Babinsa, Sertu Eko Aminarto dan Masyarakat desa setempat.(MS)
KOMENTAR