Danrem 011 Lilawangsa Buka Latihan Posko I Kodim 0104 Aceh Timur

author photoRedaksi
23 Jun 2020 - 18:31 WIB

LANGSA - Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, secara resmi membuka latihan Geladi Posko I Kodim 0104/Aceh Timur, Selasa (23/6/2020), di Makodim 0104/Aceh Timur, pagi.

Dalam sambutan tertulisnya Danrem 011/Lilawangsa mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi, baik itu kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, serta pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, tuturnya.  

Selain itu, sambung Danrem, perlu keterpaduan dan kerjasama serta mensinergikan segenap kemampuan semua elemen dalam rangka mengatasi dan menangani penanggulangan bencana secara terpadu, teroganisir dan terkoordinasikan dalam satu wadah dengan melibatkan unsur TNI, Polri, unsur Basarnas, Bpbd, Pemda,Pemda, Ormas di wilayah, yang disinkronkan melalui kegiatan latihan yang digelar saat ini, jelasnya.

Danrem menyebutkan bahwa kondisi geografis Provinsi Aceh sangatlah rentan terhadap bencana Alam, khususnya di Wilayah Korem 011/Lilawangsa dan jajarannya, termasuk di Wilayah Kodim 0104/Aceh Timur yang sangat rentan terhadap musibah Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), katanya.

"TNI sesuai dengan peran tugasnya dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) merupakan pilar dan alat pertahanan negara di wilayah darat, yang bersentuhan langsung dengan sendi-sendi kehidupan sosial masyarakat. Sehingga diminta atau tidak, peran satuan komando kewilayahan harus dapat membantu menanggulangi, mengatasi kesulitan masyarakat  kapanpun, dimanapun dan dalam situasi bagaimanapun," pungkas Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro.
KOMENTAR