Polres Aceh Timur Simulasi Jenazah Terjangkit Corona.

author photoHasan Basri
18 Apr 2020 - 11:45 WIB

THEATJEH.NET, Aceh Timur - Polres Aceh Timur menggelar simulasi tata cara pemulasaran jenazah pasien korban dari penyakit Covid-19, silmulasi digelar di kawasan Peudawa, Aceh Timur. Sabtu (18/4/2020)


Bagi Polres Aceh Timur korban pandemik Covid-19 menjadi perhatian semua termasuk petugas kepolisian sehingga dianggap perlu dilakukan simulasi pegurusan jezanah pasien yang terserang menyakit mematikan itu. 


"Protokol pemakaman jenazah Covid-19 disimulasikan oleh petugas dari Rumah Sakit dr. Zubir Mahmud  idi, bersama anggota Polres Aceh Timur, Kodim 0104/Aceh Timur," Ungkap Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro SIK, MH, melalui Kabag Ops AKP Salmidin SE.

"Dalam simulasi pemulasan jenazah pasien Covid-19, petugas juga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) secara lengkap, pemulasan jenazah dilakukan mulai dari proses pembungkusan mayat hingga pemakaman." Sebut AKP Salmidin. Jumat 17 April 2020.


Menurutnya, simulasi ini dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan petugas apabila ada pasien yang terpapar Covid19 meninggal dunia dan keterbatasan tenaga kerja paramedis, hingga tidak ada yang mau memakamkan jenazah.


"Kita lakukan simulasi ini agar jajaran kita siap, karena jika ada pesien yang terjangkit Covid-19 bagi masyarakat sangat ketakutan sehingga tidak ada yang mau memakamkannya" Jelasnya. 

Kedepannya, kata Kabag Ops, TNI bersama Polri akan membantu rekan-rekan paramedis terutama dalam mengedukasi warga tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menangani jenazah pasien Covid-19, sehingga dihimbau tidak ada lagi pengucilan atau penolakan terhadap jenazah Covid-19" Tegas Kabag Ops. 

Kabag Ops juga berharap, kedepan juga akan membentuk tim khusus pengamanan dan proses pemakaman jenazah pasien terpapar Covid-19 dari TNI maupun Polri. Sedangkan di Kecamatan TNI-Polri akan bekerjasama dengan Puskesmas setempat untuk pemakaman ini akan mendapat training lengkap terkait protokol pemakaman jenazah Covid-19. (Salin) 

Teks Foto: Simulasi pemulasan jenazah pasien Covid-19 oleh Tim Polres Aceh Timur.
KOMENTAR