Bupati Gayolues Buka Kegiatan TMKK di Dabun Gelang

BLANGKEJEREN:- Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru membuka kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) di halaman kantor Camat, Dabun Gelang, Selasa (21/4). 

Acara tersebut diselenggarakan Dinas DP3AP2KB bekerja sama dengan TNI dari Kodim 0113/Gayo Lues.

Dalam sambutannya, Bupati Gayo Lues menyampaikan, bahwa dampak mewabahnya Pandemi Virus Corona (Covid-19) telah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan, termasuk aspek kepemerintahaan dan hari ke hari angka kasus juga kian meningkat.

Dalam menyikapi kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas DP3AP2KB bekerja sama dengan TNI melakukan upaya prosedur pencegahan lewat Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana).

"Sinergitas dan sinkronisasi dalam program TMKK dan Banggakencana Kabupaten Gayo Lues di tengah krisis Pandemi Covid-19 ini diharapkan menjadi gerakan sosial akan pentingnya upaya pencegahan penyebaran dan antisipasi dini melalui penguatan kapasitas sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan" kata Bupati.

Dalam hal ini, Kampung Keluarga Berencana menjadi inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan prioritas secara utuh yang merupakan basis gerakan dari keluarga berencana. 

"Tujuan pencanangan Kampung Keluarga Berencana adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan kelaurga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," sebut Amru. 

Secara khusus pecanangan Keluarga Berencana yaitu untuk meningkatkan peran pemerintah,  pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendamping dan pembina masyarakat umum meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan  kependudukan. 

"Atas nama Pemerintah Daerah Gayo Lues dan masyarakat menyambut baik program kolaborasi ini,  diharapkan penguatan program Kampung Keluarga Berencana dan Pengembangan Kampung (KKBPK) menjadi salah satu bentuk dari upaya pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19)" tutup Bupati.

Turut hadir diacara tersebut, Dandim Gayo Lues Letkol Arm Sugiharto SE, Forkopimda, Muspika, Ketua PKK Gayo Lues Hj Hartati Amru, Ketua Persit KCK Cabang XXVI Gayo Lues Nyonya Sugiarto, Para Kepala dan Mukim se Kecamatan Dabun Gelang.

(Kamsah Galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru