Berdasarkan Arahan Presiden dan MENDES-PDTT Keuchik Gampong Karieng Bentuk PKTD

author photoM. Sulaiman
9 Apr 2020 - 21:49 WIB

BIREUEN- Berdasarkan pada Surat Edaran Menteri Desa Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 24 Maret 2020 oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ir. Abdul Halim Iskandar.

Desa dengan infrastrukturnya yang masih tanda tanya sekarang disibukkan dengan ketegangan dunia menghadapi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) atau pandemi internasional wabah virus corona yang belum ditemukan obatnya secara khusus.

Meskipun harus menghadapi dengan segala kekurangan, Menimbang bahwa Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang menjadi pandemi global telah berdampak serius terhadap sendi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Maka menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

Kepada Media TheAtjehNet Kamis (9/4/2020), Keuchik gampong Karieng, Kecamatan Peudada kabupaten Bireuen, Irfadi, S.Pd.I., menanggapi Perintah Tersebut dengan segera Membentuk Relawan PKTD di Gampong setempat disertai dengan menyiapkan Anggaran.

"Menanggapi Perintah Tersebut dengan segera Membentuk Relawan PKTD di Gampong Karieng disertai dengan menyiapkan Anggaran. Semoga program tersebut dapat membantu para warga miskin yang lemah ekonominya. Apalagi beberapa hari kedepan kita akan dihadapkan dengan bulan suci ramadhan," ungkap Keuchik Irfadi.

Adapun prioritas program PKTD dimaksud dalam bentuk Pemeliharaan dan pembersihan Saniatasi Saluran Desa dan lingkungan.

Dua dusun yang ada didalam gampong karieng juga akan dikoordinir oleh masing-masing kepala dusun (Kadus) yaitu Bahron dan Mukhtaruddin. Sedangkan untuk pekerja diketua oleh Mahdi Ahmad.

Keuchik Irfadi melanjutkan bahwa, kegiatan itu Turut diawasi oleh Peutuha Peut yang diketuai Idris dan Peutuha Lapan yang diketuai oleh Mukhlis.

Tidak hanya sampai disitu, Pihak Pendamping Desa Akhyar, dan Pendamping Lokal Desa Mukhlis, serta oleh Babinkatibmas Dicky Juanda atas nama Polsek peudada sudah siap memback-up dari belakang disaat dibutuhkan.(MS)
KOMENTAR