Pengoperasian APILL "Traffic Light" Simpang Surabaya Kembali Aktif

author photoRedaksi
16 Mar 2020 - 21:00 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Traffic Light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) kembali beroperasi dalam rangka mewujudkan ketertiban dan kelancaran arus berlalu lintas serta peningkatan keselamatan pengguna jalan di Simpang Surabaya Kota Banda Aceh, Senin (16 Maret 2020) pagi.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH mengatakan, selama dua minggu ini akan terus memantau seluruh aktifitas bagi pengguna arus lalu lintas yang melanggar aturan kertiban akan langsung diberikan hukuman sanksi berupa tilang agar masyarakat sekitar dapat patuh tertib berlalulintas demi menjaga keselamatannya.

"Waktu yang diberikan ini sebenarnya sudah cukup efektif, apa bila kurang cukup waktunya akan kita ubah sesuai perincian ketentuan sampai tertib berlalulintas area traffic light di Simpang Surabaya dengan harapan himbauan pengoperasian ini berlangsung baik dan aman," imbuhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi ST MT mengatakan, pemasangan APILL/Traffic Light yang sudah kembali aktif beroperasi khususnya area Simpang Surabaya ini agar dapat mempermudah kelancaran bagi seluruh pengguna jalan secara benar dan tepat guna terhindar dari kemacetan dari sebelumnya serta menaati peraturan ketertiban berlalu lintasnya.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I Provinsi Aceh, Yusuf Nugroho mengatakan, pengaturan siklus arus lalu lintas area Simpang Surabaya setiap jalur kaki simpangnya juga berbeda-beda sehingga APILL yang memiliki beban penggunan arus lalu lintas lebih tinggi akan diberlakukan lampu hijau sepanjang 40 detik dan lebih rendah minimal 10 detik.

"Hal ini tentunya termasuk dalam pertemuan dalam forum lalu lintas yang lalu juga telah membahas upaya peningkatan kelancaran lalu lintas pernah terjadi kemacetan di Simpang Surabaya melalui pengoperasian alat pemeriksa kualitasnya, pengoperasian ini tidak hanya sekedar mengoperasikan APILL yakni salah satunya juga menutup median yang telah dibuka sebagai fasilitas putar balik dalam isu dalam kemacetan selama ini dapat lebih lancar beroperasi kembali arus lalu lintasnya dengan baik," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, Muzakir Tulot juga menyampaikan, sesuai surat edaran Nomor : 551/0392 tentang Himbauan Pengoperasian APILL/Traffic Light Simpang Surabaya Kota Banda Aceh agar dapat menaati dan mematuhi APILL/Traffic Light, mentaati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas berupa rambu perintah maupun rambu larangan yang telah terpasang di kawasan Simpang Subaraya, mentaati dan mematuhi tata cara berlalu lintas yang berkeselamatan sesuai peraturan perundang - undang yang berlaku serta saling menghormati dan bersama-sama menjaga keselamatan lalu lintas antar sesama pengguna jalan. (Ulan)
KOMENTAR