Warga Kawasan Bencana Alam Dilatih Manajemen Tanggap Darurat

author photoRedaksi
13 Nov 2019 - 15:37 WIB

ACEH UTARA -  40 warga dari sejumlah kecamatan rawan bencana alam di Aceh Utara, mengikuti Pelatihan dan Simulasi Bencana, Selasa (13/11) di Lhoksukon. Kegiatan Forum PRB BPBD Aceh Utara diantaranya,  Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara,  Drs. Amir Hamzah dalam sambutannya menjelaskan,  peran masyarakat sangat penting dalam penganan korban bencana alam.  

Meskipun pesonil dari BPBD punya skill dan peralatan khusus,  namun tidak bisa membantu maksimal,  tanpa bantuan warga. "Oleh karena itulah, peran masyarakat sangat penting," jelas Amir Hamzah.  

Diantara bantuan tersebut,  warga menyampaikan informasi yang benar ketika terjadi bencana alam,  seperti banjir. Bila informasi yang disampaikan,  keliru akan mempersulit personil BPBD membantu warga yang menjadi korban bencana alam. 

Kalak BPBD Aceh Utara juga mengingat warga yang ikut pelatihan,  agar menjadi relawan di desa masing-masing. Para peserta pelatihan dituntut,  membantu sesuai dengan kemampuan. "Hari ini akan dilatih manajemen tanggap darurat, semoga bisa dimanfaatkan untuk membatu saudara-saudara kita," ungkap Amir Hamzah. 

Sementara itu,  panitia pelaksana dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) BPBD setempat menjelaskan,  materi lain berupa, Metode Evakuasi Cepat,  Tanggungjawab Masyatakat,  Konsep Mitigasi Bencana,  Simulasi,  serta beberapa keahlian lain disampai pemateri yang berpengalaman. 

Kegiatan tersebut berlangsung dua hari, mulai tanggal 13 sampai 14 November 2019. Tujuan kegiatan,  meningkatkan kemampuan dan kesiapan,  dalam menghadapi situasi bencana.  Untuk masa pra bencana,  tanggap darurat dan rehab rekon. []
KOMENTAR