Puluhan Masyarakat Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Hadiri Seminasi Bibit Jagung Baru

author photoM. Sulaiman
24 Okt 2019 - 03:01 WIB

BIREUEN - Dinas Pertanian Provinsi Aceh bersama Dinas Pertanian Bireuen melakukan kegiatan Uji adaptasi beberapa Varietas Unggul Baru (VUB) yang dihadiri puluhan Masyarakat Desa Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Rabu 23 Oktober 2019 pagi.

 Uji adaptasi beberapa Varietas Unggul Baru (VUB) jagung balitbangtan pada lahan kering ini merupakan salah satu Program upaya Khusus (UPSUS) Tahun 2019 yang sudah maksimal.

Pada acara Uji Coba Varietas Unggul baru yang dilakukan di Desa Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh dengan seluas Lahan yang sudah di tanam seluas 3 (tiga) Hektar, sedangkan yang direncanakan luas tanam 30 hektar,

Acara seminasi tersebut yang dihadiri puluhan Masyarakat Tani dan Dinas Pertanian Provinsi Aceh turut didampingi Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen, BPTP Provinsi Aceh serta BPP Kecamatan Peudada.

Sementara dalam sambutan Dr. Rachman Jaya, M.SI  selaku Penanggung jawab Program UPSUS Tanaman Pangan Padi Jagung dan Kedelai (PAJALE) Provinsi Aceh menyebutkan Produksi Varietas Unggul Baru Produksi Badan Litbang dengan Nama Nasa sedangkan Bibit Jagung ini ada Kelebihannya dapat  Memiliki Tongkol Tongkol dengan Produktivitasnya cukup tinggi hingga mencapai 12 Ton Per Hektar, Sebut Dr. Rachman.

Lanjutnya, Di lahan ini Kata Dr. Rachman' pihaknya hannya melakukan Uji Coba Adaptasi dulu, sementara di Provinsi Aceh itu Salah satunya di Kabupaten Bireuen dan ini memang daerah yang sangat trastege untuk berkembang tanaman Jagung dengan Produktivitas yang tinggi serta Produksi kita juga bisa meningkat kita juga masih punya lahan kering yang sangat besar dan belum dioptimalkan disini yang kita tuju tidak hanya benih dari badan Litbang tapi ada juga Benih lain dari Swasta, Katanya.



Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen yang diwakili Sekdis. Ir Syahrul. MM pada Kesempatan itu juga menyebutkan dengan adanya Kegiatan ini sehingga di Lokasi ini kita dapat mengetahui yang mana Varietas yang memang cocok di tanam Tahun ini,



pihak Dinas Provinsi Aceh bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen sudah mengembangkan Jagung dengan seluas lahan 11000 Hektar Lebih, sedangkan  yang sedang Proses Penanaman hannya sekitar 7000 ribuan Hektar. terang Sekdis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen. Syahrul. (MS)
KOMENTAR