Puluhan Eks Kombatan GAM Wilayah Batee Iliek Serukan Sikap Protes Muswil DPW Partai Aceh

author photoM. Sulaiman
30 Okt 2019 - 23:05 WIB

BIREUEN- Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW Partai Aceh PA. Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan di Hotel Bireuen Jaya pada minggu 27 Oktober 2019, kini Muswil tersebut menuai protes oleh puluhan eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wilayah Batee Iliek yang mendatangi kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh Bireuen jalan Medan-Banda Aceh. Desa Meunasah Blang Kecamatan Kota Juang, pada Rabu (30/10/2019) . 


Aksi protes Muswil Partai Aceh Kabupaten Bireuen, puluhan eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wilayah Batee Iliek mendatangi Kantor DPW Partai Aceh PA yang terletak di Desa Meunasah Blang Kecamatan Kota Juang, kedatangan puluhan Eks Kombatan GAM tersebut, sebagai bentuk protes atas hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW Partai Bireuen yang dilaksanakan di hotel Bireuen Jaya.


Disela Aksi Protes Muswil DPW Partai Aceh tersebut. Sufri Daud atau yang akrab disapa Boing menyampaikan orasinya dihadapan puluhan mantan kombatan GAM dihalaman kantor Partai Aceh, yang diantaranya juga ada kombatan GAM dari eks Libya.


Sufri Daud Atau sering di sapa Boing saat dilakukan Konfirmasi Pers dihalaman kantor Partai Aceh. Rabu (30 Oktober 2019) sore, menyebutkan atas kekecewaannya terhadap pimpinan Partai Aceh Bireuen, dimana mereka tidak tianggap bahkan mereka dicap sebagai pembelot, padahal atas perjuangan para kombatan GAM maka lahirnya Partai Aceh.


Boing juga melakukan protes hasil Muswil DPW PA Bireuen karena Muswil ini tidak dilakukan berdasarkan aturan Partai, karena tidak didasarkan aturan AD RT Partai, Muswil baru dapat dilakukan bedasarkan adanya LPJB  tidak ada laporan pertanggung jawaban Partai.


"Lanjut Boing Kami bukannya Memprotes Darwis Jeunieb sebagai pimpinan Partai Aceh Bireuen, tapi kami protes aturan muswil, karena muswil tidak ada laporan pertanggung jawaban, kan sangat aneh dan lazim, sehingga kami menduga ini ada permainan pihak pihak tertentu dalam Muswil DPW Partai Aceh" sebut Boing. 


Selanjutnya, seharusnya kombatan GAM juga di undang, walaupun tidak semua tapi sebagian juga tidak ada, bahkan dari eks Libya sekalipun harus dilibatkan dalam muswil tapi ini tidak dilibatkan, ini Muswil Macam Apa, ada ada saja dilakukan. Apakah Pimpinan Partai Aceh Bireuen tidak tau aturan, atau Memang kesengajaan dilakukan untuk dapat merusak Partai Aceh yang lahir dari darah Perjuangan Bangsa Aceh.  


"Apabila aksi kami ini tidak ditanggapi oleh pimpinan DPW Partai Aceh Bireuen maupun DPP PA Pusat, maka kami akan kerahkan massa lebih banyak lagi bahkan mencapai ribuan, dan juga kami akan melaporkan kepada pimpinan Pusat," tegas Boing.


Dalam aksi protes tersebut tampak hadir juga Adli Calok yang juga merupakan mantan kombatan GAM Eks Libya, dan juga dihadiri puluhan mantan kombatan GAM dalam Wilayah Batee Iliek. Aksi Protes Puluhan Kombatan GAM tersebut turut dikawal sejumlah Personel Polsek Kota Juang dan dipandu sejumlah Intel Polres Bireuen, selesai Aksi Protes Puluhan Eks Kombatan Gerakan Aceh Merdeka GAM, membubarkan diri dengan sangat tertip dan santun.(MS)
KOMENTAR