Haji Uma Ziarah ke Makam Sultan Peureulak di Desa Bandrong

author photoRedaksi
1 Sep 2019 - 19:39 WIB

ACEH TIMUR — Memperingati Haul Sultan Alaidin Said Maulana Abdul Aziz Syah dan 1 Muharram 1441 H / 1 September 2019 M, gelar zikir akbar di Monumen Islam Asia Tenggara (Monisa) yang terletak di Gampong Paya Meuligo, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur.

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh H Sudirman yang kerap dikenal dengan nama sapaan (Haji Uma) artis Aceh yang juga menjabat sebagai anggota DPD RI asal Aceh.

Haji Uma bersama dengan Forkopimda, forkopimcam, tokoh agama, tokoh ada.t dan ahli sejarah untuk ziarah ke makam Sultan Alaidin Said Maulana Abdul Aziz Syah dan makam panjang yang ada di lingkungan Monisa.

Saat berziarah ke makam, Haji Uma juga memanjatkan doa dan menanyakan pembuktian sejarah kerajaan pertama di Asia Tenggara.

"Setelah meninjau saya merasa miris karena segala sarana dan prasarana yang ada di Monisa sangat memprihatinkan, dari segi bangun dan infrastruktur di Monisa," kata Haji Uma.

Ia sangat mengharapkan bahwa kedepannya ada pembuktian sejarah Monisa sebagai kerajaan Islam di Asia Tenggara.

"Kita sangat mengharapkan kepada pemerintah Daerah untuk mengupayakan dan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Monisa dan membuat buku sebagai referensi yang dapat di buktikan secara komprehensif, " Katanya.

Selanjutnya Bupati Aceh Timur saat di wawancarai awak media, mengucapkan terimkasih kepada masyarakat, panitia kegiatan yang antusias menyambut tahun baru islam 1 Muhharam.

"Kita doakan semoga kedepannya dengan kegiatan ini kabupaten Aceh Timur lebih baik, dan kita doakan Aceh Timur lebih sukses," ujarnya.

Lain halnya dengan akademisi Dr. Ahmad Fauzi yang mengisi tausiah di acara Haul dan 1 Muharram ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut menghadirkan kebahagiaan untuk kita semua.

"Dengan kegiatan ini kita dapat bersilaturahim dan merayakan hari ulang tahun raja pertama di Aceh, " ujar Admad Fauzi.

Dalam kegiatan tersebut panitia penyelenggara juga menyantuni anak yatim dari 7 gampong yang ada di kemukiman Bandar khalifah, kecamatan Peureulak, Aceh Timur. (*)
KOMENTAR