Dinsos Pijay Buka Pelatihan Untuk Disabilitas

author photoKherry Leib
13 Sep 2019 - 09:45 WIB

PIDIE JAYA - Dinas Sosial (Dinsos) melakukan pemberdayaan terhadap Warga penyandang Disabilitas (Cacat)di Gedung Tgk.Chik Pante Geulima Meureudu Pidie Jaya, Selasa (10/09/2019).

Pemberdayaan  terhadap peyandang disabilitas dengan cara mengajarkan anyamam rotan dibimbing oleh Tgk.Abu Bakar yang merupakan salah satu orang sukses dibidangnya.

Dari amatan Theatjeh
NET, animo para peserta yang memiliki cacat tersebut sangat tinggi untuk belajar anyamanan seperti yang diungkap Tgk M Grade warga Gampong Blang Meurah Dua. "Saya sangat senang bisa belajar anyaman ini selain bisa menambah wawasan bisa  juga untuk membuka usaha nantinya," kata M.Gade yang selama ini bekerja dibengkel las.

M.Gade salah satu penyandang Disabilitas yang mendapat kesempatan dalam kegiatan kerajinan tangan dari Dinsos berharap kepada Pemerintah untuk terus membina dan memberikan modal usaha kepada mereka supaya nantinya mereka tidak lagi bergantungan pada orang lain karena sudah ada usaha sendiri.

Kepala Dinas Sosial Pidie Jaya, Cut Aminah yang ditemui diruang kerjanya pada Theatjeh.NET  mengatakan pembinaan dilaksanakan selama tiga hari dengan peserta berjumlah 20 orang berasal dari beberapa Kecamatan yang ada di Pidie Jaya kepada peserta tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Mereka yang kita bina saat ini ada 20 orang kita berikan bahan baku kita sediakan kosumsi semua biaya tersebut bersumber dari APBK dengan totalnya Rp.16.000.000,00," ujar Kadisos.

Selain melakukan pembinaan Cut Aminah juga berjanji bila nantinya ada diantara mereka yang membuka usaha kerajinan tersebut butuh pemasaran  atau penampung hasil usahanya, Dinsos bersedia memfasilitasi usaha mereka.

"Kita siap membatu memasarkan bila nantinya mereka buka usaha dibidang kerajinannya,kita juga berharap melalui pemberdayaan ini bisa menambah pendapatan mereka yang mengalami cacat tersebut," tutup Cut Aminah. (KH)
KOMENTAR