11 Desa Terpilih Menjalankan Program Inovasi di Gandapura

author photoM. Sulaiman
11 Sep 2019 - 05:25 WIB

BIREUEN - Tim Pelaksanaan Program Inovasi Desa (TPID) menggelar acara Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen tahun 2019 bertemakan "Datang Bawa Ide, Pulang Bawa Komitmen" yang dilaksanakan di Balai Desa Kecamatan setempat, Selasa (10/9/2019).

Dalam sambutan Ketua TPID Kecamatan Gandapura Muhammad, menyampaikan laporan panitia, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, Pemkab Bireuen, Dinas DPMGPKB Bireuen, Tenaga Ahli P3MD Bireuen, Muspika Gandapura, para Keuchiek, Peutua Tuha Peut dan perwakilan Tokoh Perempuan, se-Kecamatan Gandapura berjumlah 120 orang, Pendamping Desa, PD dan PLD serta seluruh lapisan masyarakat atas dukungan dan partisipasi aktif dalam BID tahun 2019 ini." 

Sementara itu, sambutan Bupati Bireuen diwakili Asisten I Mursyid, SP, menyampaikan, Bursa Inovasi Desa setiap gampong hampir semua ada, cuma tidak muncul di permukaan sejak dikucurkan dana desa sejak tahun 2015.

"Saya berharap kepada Keuchik, Perangkat Gampong, Tuha Peut dan tokoh masyarakat, agar memanfaatkan dana desa dengan sebaik mungkin sesuai aturan, agar perekonomian masyarakat khususnya bisa meningkat, dan menghindari penyalahgunaan dana yang berakibat pada proses hukum nantinya," sebut Mursyid.

Pemerintah Kabupaten Bireuen, dalam Perbub sudah mengatur pemanfaatan dana desa, diantaranya untuk membangun atau merehabilitasi rumah dhuafa dan pencegahan stunting. Harapan kami kepada gampong-gampong yang masih terdapat rumah layak huni supaya didanai dengan APBG.

Kami mewakili Pemkab Bireuen memberi apresiasi kepada para pihak yang terlibat dalam BID ini, terutama kepada TA P3MD Bireuen, P3MD Gandapura, TPID Gandapura, Asosiasi Keuchik Gandapura dan seluruh aparatur gampong serta sanggar Rapai Buraq Meunari Gampong Blang Keude yang telah memberi sambutan hangat dengan atraksi debusnya dan lantunan syair yang berkenaan dengan inovasi,"

"Semoga inovasi desa terus berlanjut di desa desa lain yang ada di Kecamatan Gandapura, yang mendapat penghargaan maupun yang belum, mari terus berbenah diri untuk mewujudkan desa bebas dari kemiskinan dan desa maju dan mandiri," harap Mursyid. SP. Asisten l Pemkab Bireuen. 

Dilanjut Kata Sambutan Camat Gandapura, Ibrahim, S.Sos, di sela pelaksanaan BID kepada TheAtjehNet. Com, menyebutkan, "Bursa Inovasi Desa yang di ikuti oleh peserta dari perwakilan 40 gampong ini untuk saling bertukar Inovasi Desa yang dituangkan dalam kartu IDE (Inovasi Desa) dan dalam Kartu Komitmen, nantinya dimasukkan dalam APBG tahun 2020. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar," katanya 

Diketahui, dari 40 desa yang ada di Kecamatan  Gandapura, 11 Desa terpilih oleh Tim Pelaksana Program Inovasi Desa (TPID) yang didampingi Pendamping Desa P3MD Gandapura, dimana sebagai desa inovasi dan diberikan piagam penghargaan, yakni Inovasi bidang Infrastruktur, Pompanisasi Vertikal Gampong Paya Seupat dan Inovasi Pompanisasi Ganda Gampong Tanjong Bungong, merupakan desa wilayah dampingan PLD M.Husen AR, SE dan Julia, S.Pd.

Desa Inovasi bidang Kewirausahaan, diberikan kepada Gampong Ie Rhoeb (Desa Wisata), Gampong Paloh Kaye Kunyet (BUMG Ayam Kampung Pedaging) dan Gampong Monkeulayu (Budidaya Tiram), desa wilayah dampingan Muntasir, ST, Yerika Mahendra dan Sanusi, S.Pd.

Selanjutnya Desa inovasi bidang Sumber Daya Manusia, diberikan kepada Gampong Blang Kubu (Desa Tanggap Pencegahan Stunting),  Gampong Lhok Mambang (Kelompok Pengrajin Perempuan), Gampong Lingka Kuta (Posyandu Lansia), Gampong Samuti Krueng (Inovasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Gampong Cot Teube (Pembinaan Pemuda Anti Narkoba), 

Kelima desa tersebut, di wilayah dampingan, PLD Sofyan, S.Pd, PLD Afwan, ST, PLD Helmy Darmawan, ST, dan PLD Fauzi, S.Pd. 

Sementara desa 4 Prioritas Kemendes, (BUMG, Prudes, Sorga Desa dan Embung Desa), yakni Gampong Ceubo.

Menurut Ibrahim, ke 40 gampong di Kecamatan Gandapura sudah baik dalam merealisasikan Dana Desa yang sesuai Perbub dan Program Prioritas Kementerian Desa, termasuk dalam hal Pencegahan Stunting. Semoga kedepannya semua desa bisa berbenah lagi dan memperoleh prestasi," sebut Camat Gandapura. 

Pada kesempatan yang sama, Master BID, diwakili Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA PSD) Mukhlis Aminullah, menjelaskan, "BID ini merupakan program TPID untuk mendukung program dana desa. Dimana dalam BID ini dapat melahirkann ide-ide dan pertukaran inovasi desa yang tertuang dalam Kartu Inovasi Desa (Kartu IDE) yang nantinya akan dimasukkan dalam APBG tahun 2020," terangnya.

"Kami apresiasi kerja keras para Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) di Gandapura, baik PD dan PLD yang turut menyukseskan BID 2019 ini. Rekan-rekan pendamping di desa dan dikecamatan merupakan ujung tombak suksesnya sebuah gampong.

Mari terus gelorakan Pencegahan Stunting, dan program Kemendesa lainnya, baik dibidang Pembangunan Infrastruktur, Pembinaan dan Pemberdayaan masyarakat," harap Mukhlis yang juga Koordinator P3MD Bireuen, yang dilanjutkan dengan pengarahan teknis pengisian Kartu Ide dan Komitmen oleh PDP Musliadi.

Dalam amatan TheAtjehNet. di lokasi avara bursa inovasi Desa tersebut, turut hadir Asisten I Pemkab Bireuen Mursyid, SP, Kadis DPMGPKB Bireuen diwakili Adnan, Anggota DPRK Bireuen Dapil 3, Ismail Adam dan Ir. M.Yusuf Adam, Danramil, Kapolsek Gandapura, Ipda Melisa, S.Tr.K, Koordinator Tenaga Ahli P3MD Bireuen Mukhlis Aminullah, Kepala UPTD Puskesmas Gandapura, dr. Emi Andriani, Kepala UPTD Puskesmas Monkeulayu, 120 orang peserta BID, Imum Mukim serta tamu undangan lainnya.(MS) 
KOMENTAR