Pemerintah Aceh Komitmen Perkuat Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

BANDA ACEH – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyebutkan Pemerintah Aceh berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi. Karena itu, ia menyambut baik pihak swasta seperti Perta Arun Gas saat melakukan penandatanganan kerjasama lintas bidang dengan kampus Unsyiah Banda Aceh dan Unimal Lhokseumawe. Jumat (16/08/2019) di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh.

Seluruh program pengembangan masyarakat di negara maju, kata Nova, hulunya dipastikan ada peranan dari perguruan tinggi. "Mustahil program sukses tanpa pelibatan perguruan tinggi. Saya pastikan seluruh program pemerintah Aceh hulunya  juga akan di situ," kata Nova.

Nova berharap, apa yang dilakukan Perta Arun Gas bukan menjadi akhir kerjasama dengan universitas melainkan berlanjut dengan perguruan tinggi lainnya di Aceh. Berbagai skema kerjasama diberbagai bidang lainnya bisa dilakukan. "Unsyiah dan Unimal jadi pionir."

Kedepan, lanjut Nova kerjasama dengan universitas dapat dilakukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan atau dikenal sebagai Sustainable Development Goals atau SDGs. Pembangunan berkelanjutan ini merupakan agenda pembangunan dunia untuk kemashlahatan manusia dan bumi yang dibuat untuk menjawab tuntutan dalam pengentasan kemiskinan, kesenjangan dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata.

"Kita mulai dengan air bersih mungkin. Bagaimana memanfaatkannya dengan baik, karena yang harus kita pikirkan juga anak cucu kita nanti," kata Nova.

Sementara Presiden Direktur Perta Arun Gas, Arif Widodo, mengatakan penandatanganan nota kerjasama Bidang Teknis, Sosial, Ekonomi dan Sumber daya Manusia dengan Universitas Syiah Kuala dan Universitas Malikussaleh adalah untuk mendukung pemerintah Aceh dalam hal mempercepat perwujudan program pembangunan Di Aceh, khususnya di Lhokseumawe.

"Dengan Unsyiah, ruang lingkup kerjasama meliputi bidang pengkajian seperti pekerjaan pengukuran bathymetri, melakukan kajian ekonomi terkait usaha penyediaan cold storage bagi komoditi dari daerah sekitar, melakukan kajian sosial ekonomi komoditi-komoditi yang dapat memberdayagunakan cold storage, melakukan kajian analisa dampak lingkungan, serta berbagai kerjasama lainnya," kata Arif.

Sedangkan kerjasama dengan Unimal meliputi pembuatan kajian pariwisata oleh Unimal terkait usaha pelestarian dan pemberdayagunaan potensi pariwisata di wilayah Kota Lhokseumawe melakukan kajian teknis dan ekonomi di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe (KEKAL), serta berbagai kerjasama lainnya.

"Dengan adanya pengembangan bisnis baru PAG diharapkan dapat  membuka kesempatan lapangan kerja baru sehingga PAG dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan perekonomian di Provinsi Aceh," kata Arif

Arif menambahkan, kajian yang nantinya dilakukan oleh Unsyiah untuk Bisnis Cold Storage Lhokseumawe yang direncanakan oleh PAG, diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi yang ada di sekitar Lhokseumawe. Sedangkan kajian pariwisata yang dilakukan oleh Unimal, diharapkan bisa memobilisasi pergerakan massa dan menciptakan peluang-peluang baru bagi perekonomian masyarakat. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru