Tanaman Kopi Pantan Cuaca di Serang Hama, Petani Minta Distan Turun Tangan

author photoRedaksi
3 Mar 2019 - 22:42 WIB

BLANGKEJEREN - Petani kopi Aih ilang di Kecamatan pantan cuaca kabupaten Gayolues mengeluhkan tanaman kopi milik warga terserang hama.penyakit yang belum di ketahui namanya,Hal ini mengakibatkan hasil komoditi pertaniannya kualitas menurun.

"Permasalahan turunnya kualitas dan tanaman kopi milik warga sudah setahun terjadi ujar Aman Asiah (60) minggu (03/03/2019).
Dia mengatakan, akibat adanya serangan hama penurunan Hasil deratis serta kualitas  dan sangat mempengaruhi pendapatan petani.

Atas peristiwa ini, kami sangat berharap Dinas Pertanian Gayolues memberikan solusi atau jalan keluarnya.

Dalam acara seminar sehari meningkatkan semangat produktivitas petani kopi Pantan Cuaca dalam menghadapi persaingan kopi menjelaskan, penyakit tersebut sudah menjalar ke empat lokasi. Sementara ciri-ciri penyakit tersebut, tanaman kopi beserta pelindungnya pohon petai mati secara tiba-tiba (Mengering).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru  memerintahkan kepala dinas pertanian segera menurunkan tim ke perkebunan milik warga Aih Ilang melakukan penelitian untuk mengetahui penyakit tersebut dan segera menanggulanginya agar tidak menjalar ke kebun-kebun lain.(kamsah galus)
KOMENTAR